Kenali Waktu yang Pas Untuk Mengganti Filter AC Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 April 2020

Kenali Waktu yang Pas Untuk Mengganti Filter AC Mobil

momobil.id – Banyak cara yang digunakan oleh masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan demi terhindar dari virus Corona / COVID-19. Salah satu caranya adalah dengan rutin membersihkan interior mobil. Salah satu komponen penting yang wajib dibersihkan adalah filter AC mobil.

AC memang membuat berkendara menjadi nyaman, apalagi saat musim kemarau. Namun, hal itu bisa menjadi berbahaya ketika filter AC jarang dibersihkan. Komponen tersebut vital karena menjadi gerbang sirkulasi udara dalam mobil, dan mencegah debu masuk ke dalam evaporator. Bila filter jarang dibersihkan, maka kabin mobil bisa menjadi tempat berkembang biak penyakit. Dengan demikian, filter AC harus selalu dibersihkan, dan diganti.

Mengenai penggantian filter, Bambang Supriyadi selaku Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengungkapkan bahwa pemeriksaan filter idealnya dilakukan setiap kelipatan 10.000km dan penggantian setiap 40.000km.

“Penggantian filter AC kabin mobil tergantung kondisi aktual kebersihan kendaraan, bisa lebih cepat kotor/buntu atau sebaliknya masih bersih. Rekomendasi pabrikan, filter AC diperiksa setiap kelipatan 10.000 atau 6 bulan, dan diganti setiap kelipatan 40.000 atau 2 tahun,” ungkap Bambang, dilansir dari kumparan.com.

Penggawa Djamin AC Mobil, Hendra berpendapat bahwa filter AC lebih baik diganti daripada membersihkan kembali filter yang kotor. Interval penggantian filter AC pun beragam, tergantung dari seberapa sering mobil melewati jalan berdebu dan membuka jendela. Bila demikian, maka filter harus sering diganti.

“Sebenarnya dibersihin cukup, cuma bisa rusak kalau dibersihin terus, makanya mendingan ganti baru. Bersih, AC juga dingin lagi,” ujar Hendra, dilansir dari kumparan.com.

Baca Juga : Tips Membersihkan Interior Mobil Guna Mencegah Virus Corona

Untuk perawatan dan pembersihan, Pemilik mobil disarankan untuk melakukannya setiap dua hingga tiga minggu sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas udara AC lebih bersih dan dalam kondisi normal.

Harga dari filter AC dan biaya service nya pun beragam. Pemilik mobil cukup merogoh kocek mulai dari Rp 100ribu untuk mengganti filter AC. Biaya itu sudah termasuk penggantian dan jasa servis.


Kembali ke atas