Kenapa Logo Mobil dan Motor Honda Berbeda? Ada Alasannya!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 July 2023

Kenapa Logo Mobil dan Motor Honda Berbeda? Ada Alasannya!

momobil.id – Setiap orang pasti kenal dengan merek Honda. Merek otomotif asal Jepang tersebut memproduksi kendaraan roda dua dan roda empat. Meskipun dari pendiri yang sama dan menggunakan nama Honda, logo mobil dan motor Honda berbeda. Lantas, mengapa demikian? 

Seperti yang diketahui mobil Honda memiliki logo “H”. Sementara motor Honda menggunakan logo sayap. Sama-sama didirikan oleh Soichiro Honda, ternyata ada alasan dibalik perbedaan logo tersebut. 

Sejarah Logo Motor Honda

Kisah dari Honda dimulai tahun 1948. Soichiro Honda mendirikan pabrik motor pertamanya pada 24 September 1948. Pabrik tersebut diberi nama Honda Motor Company. 

Ketika membuat pabrik motor Honda, Soichiro Honda terinspirasi dari Dewi Nike atau Nenikhamen yang memiliki sayap besar pada bagian punggungnya. Dalam mitologi Yunani, Dewi Nike merupakan Dewi Kemenangan dan Keberhasilan.

Terinspirasi dari Dewi Nike, Soichiro Honda menginginkan pabrik motor tersebut sukses. Oleh karena itu, ia menggunakan logo sayap sebagai logo untuk pabrikannya. 

Mengapa Logo Mobil dan Motor Honda Berbeda? 

Berdasarkan buku “Car Emblems, The Ultimate Guide to Automotive Logos Worldwide” milik Giles Chapman, sejarah logo mobil Honda dimulai pada tahun 1962. Saat itu, Soichiro mulai memproduksi mobil yang dinamai Honda S360 dan T360. 

Soichiro Honda menginginkan adanya perbedaan antara logo mobil dan logo motor buatannya. Alasan dari perbedaan logo sebenarnya cukup simpel. Jika divisi mobil yang dibentuk gagal, maka tidak akan berimbas pada sepeda motor. Sebab, kendaraan roda dua Honda pada saat itu sedang naik daun.  Oleh sebab itu, logo mobil dibuat menjadi bentuk H. 

Pada awalnya, desain H pada logo mobil Honda lebar dan terlihat seperti dua sayap yang mengembang. Sama seperti logo sayap pada motor Honda, logo H pada mobil Honda juga terus berubah hingga menjadi huruf H yang saat ini dikenal oleh banyak orang.

Baca Juga: Melihat Harga Mobil Baru dan Bekas Honda HR-V di 2023

Arti Logo Mobil Honda 

Soichiro Honda juga memiliki alasan dibalik pemilihan huruf H. Dirinya ingin logo mobil Honda bergaya seperti mobil Amerika, karena kendaraan di sana memiliki logo dengan penggunaan huruf saja. Selain itu, huruf H pada logo Honda juga menyimpan makna dari motto “The Power of Dreams”.

Huruf H sekilas mirip dengan sayap yang sedang mengepak. Hal ini memiliki maksud bahwa Honda memiliki produk yang selalu berkembang. Huruf H juga mirip seperti orang yang sedang mengangkat kedua tangan, yang berarti Honda optimis menghadapi dunia dan menggapai mimpinya.

Seperti yang diketahui, logo mobil Honda memiliki tiga kombinasi warna, yaitu perak, merah, dan hitam. Logo Honda berwarna hitam memiliki arti keanggunan, sementara logo berwarna merah berarti gairah dan semangat. Warna hitam pada logo Honda memiliki arti kecanggihan.

mobil terkait

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 255.000.000

Individu

BOGOR

Rp 134.000.000

Individu

BEKASI

Rp 220.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 220.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas