Kenapa Pindah Transmisi Pada Mobil Manual Perlu Injak Pedal Kopling?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 4 June 2024

Kenapa Pindah Transmisi Pada Mobil Manual Perlu Injak Pedal Kopling?

momobil.id – Pada mobil transmisi manual, pengemudi perlu menginjak pedal kopling jika hendak berpindah gigi. Ada alasannya mengapa hal ini perlu dilakukan.

Cara kerja mobil manual tak sama dengan mobil matic yang menggunakan transmisi automatic konvensional maupun CVT. Pengemudi mobil manual perlu menginjak pedal kopling ketika berpindah gigi karena satu alasan.

Tujuan menginjak pedal kopling saat hendak pindah gigi yakni untuk memutus putaran mesin dengan poros transmisi. Dengan begitu, perpindahan atau pertautan antar roda gigi bisa terjadi dengan lembut.

Perlu diketahui, ketika putaran mesin terputus, kondisi roda gigi poros input dan counter gear di dalam transmisi masih berputar. Dan jika mobil masih dalam kondisi melaju, maka poros output juga masih berputar.

Lalu, apa jadinya jika pedal kopling tak diinjak saat melakukan perpindahan gigi?

Jika pedal kopling tak diinjak, maka pertautan antar gear akan berat. Bahkan bisa tak terjadi karena jumlah putaran masing-masing berbeda. Dengan menginjak pedal kopling gyang membuat terputusnya putaran mesin, diharapkan salah satu gear bisa lebih bebas diatur jumlah putarannya oleh sinkromes.

Sinkromes merupakan cincin penyelaras putaran antar gear sebelum saling ditautkan oleh pengemudi lewat perpindahan tuas transmisi. Cincin ini seperti kopling mini di dekat gear.

Baca juga: Penyebab Mobil Terasa Oleng: Jangan Diabaikan, Cek Komponen Ini

Itu sebabnya, jika pedal kopling tak diinjak saat pindah gigi, kerusakan bisa terjadi, terutama pada cincin sinkromes. Namun bila mesin mati dan memindahkan tuas transmisi tanpa menginjak kopling, hal itu bukan masalah.

Ini karena saat mesin mati, tidak ada putaran antar gear sehingga perpindahannya cenderung halus dan lancar.

mobil terkait

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 100.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 110.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 102.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas