Keren! 4 Aliran Modifikasi Mobil yang Wajib Anda Tahu

Ditulis oleh : admin | 20 January 2017

Keren! 4 Aliran Modifikasi Mobil yang Wajib Anda Tahu

Memiliki hobi modifikasi mobil telah menjadi sebuah kultur kontemporer di kalangan masyarakat saat ini. Walaupun aktivitas modifikasi mobil identik dengan hobi kalangan anak muda, namun wabah modifikasi mobil juga telah menyebar luas kepada kalangan orang tua, khususnya bagi pecinta mobil. Maka dari itu, gaya modifikasi mobil kini telah berkembang dalam berbagai jenis aliran.

Baca Juga : Beli Mobil Jazz Bekas dan Modifikasi Sekeren Mungkin!

Siapa yang tidak tergiur? Memiliki mobil kesayangan dengan tampilan modifikasi yang elegan adalah dambaan setiap orang. Namun, tentu saja setiap orang memiliki selera modifikasi mobilnya masing-masing. Untuk itu, beragam aliran modifikasi mobil berikut ini wajib Anda kenali sebelum melakukan modifikasi sesungguhnya. Berikut ulasannya!

Aliran JDM (Japanese Domestic Market)

Aliran modifikasi mobil ini merupakan aliran yang cukup banyak digandrungi oleh kalangan anak muda. Aliran JDM berfokus pada semua komponen mobil menggunakan parts asli Jepang, bukan parts replika dan tidak diedarkan di Indonesia. Namun, seiring berkembangnya kebutuhan komponen modifikasi, aliran ini justru berkembang dengan mengandalkan parts tambahan yang berasal dari Eropa. Hal ini dikarenakan beberapa pasar mobil di Eropa memiliki karakter mobil yang mirip dengan mobil Jepang, yakni karakter hand-right steering (posisi stir pengemudi di sebelah kanan) yang membuat beberapa parts memiliki kesamaan dengan apa yang ada di Jepang. Walaupun berkembang di pasar Eropa, beberapa parts modifikasi tersebut bisa dibilang sebagai aliran parts modifikasi JDM. Berikut contoh modifikasi aliran JDM!

Aliran modifikasi mobil
Source: pinimg.com

HellaFlush Style

Akhir-akhir ini, peminat aliran modifikasi HellaFlush semakin berkembang di Indonesia. Gaya modifikasi “kekinian” ini sangat digemari kalangan anak muda. HellaFlush Style mengadaptasi gaya modifikasi velg offset ala drift style. Beberapa pecinta modifikasi mobil ini menganggap HellaFlush pada awalnya merupakan istilah para penggemar mobil ceper di Amerika. Mereka–di Amerika–sering mengatakan–Oh shit! Its hell a flush!–dimana ungkapan tersebut mengacu pada mobil dengan ban atau roda yang menyelup ke dalam spakbor. Bisa dibilang, aliran HellaFlush merupakan aliran aggresive fitment dan slammed ride. Dimana aliran ini mengadaptasi pada velg lebar dan ruang jarak pada ban terlihat pas, serta jarak mobil pada tanah harus seminimal mungkin. Jika Anda tertarik dengan style modifikasi satu ini, coba lihat penampakannya!

Jenis modifikasi mobil
Source: deviantart.ne

DUB Modification Style

Bicara salah satu aliran modifikasi satu ini, DUB style terkesan identik sebagai modifikasi mobil yang mengutamakan kemewahan, elegan, dan glamour yang mempresentasikan pemiliknya. Ciri khas dari aliran modifikasi DUB style adalah velg besar berukuran 20-26 inch full chrome dan interior glamour dengan balutan kulit, kayu, bahkan kristal. Selain itu, komponen yang wajib ada di mobil modifikasi DUB style adalah audio system dengan Sound Pressure Level (SPL) dimana sistem audio ini mampu menghasilkan dentuman bass yang akan menghajar telinga Anda. Untuk sisi eksterior, mobil aliran modifikasi DUB style biasanya mengadopsi warna hitam, silver, maupun putih–warna-warna yang mengekspresikan kesan elegan–ditambah dengan sentuhan-sentuhan chrome yang glamour. Berikut contoh modifikasi DUB style!

Source: only-carz.com

Vintage/Retro Style

Untuk aliran modifikasi mobil yang satu ini, pasti Anda cukup familiar bukan? Gaya klasik, vintage, ataupun retro sama-sama memiliki arti yang mengutamakan orisinalitas pada setiap parts mobil. Biasanya aliran modifikasi ini ideal untuk pecinta mobil era 70an, 80an, maupun 90an. Tentu saja tidak sesederhana apa yang Anda pikirkan. Karena beberapa parts mobil orisinalitas–berumur tua–memiliki harga yang mahal. Kenapa mahal? Karena parts mobil retro yang orisinil saat ini sudah sangat langka untuk ditemukan di pasaran.

Source: pinimg.com

Nah, itu dia 4 aliran modifikasi mobil yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan modifikasi terhadap mobil Anda. Apakah Anda seseorang dengan karakter stylish, elegan, glamour, atau klasik? Untuk itu, Anda dapat menyesuaikan aliran modifikasi apa yang sesuai dengan karakter pribadi Anda. Tentu saja, pilihan mobil yang dapat dimodifikasi tersedia di Momobil.id. Beragam mobil bekas berkualitas dapat Anda modifikasi sesuai selera. Beli atau kredit mobil bekas berkualitas? Di Momobil.id saja!


Kembali ke atas