Ketahui 10 Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 3 July 2023

Ketahui 10 Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil

momobil.id – Seringkali orang merasa gugup dan takut saat pertama kali belajar menyetir mobil. Rasa takut umumnya berasal dari antisipasi beberapa hal, salah satunya ketakutan akan risiko kecelakaan. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara menghilangkan rasa takut menyetir mobil.

1. Hindari Mengemudi Sendirian

Salah satu faktor yang memicu rasa gugup adalah mengemudi sendirian. Apabila masih merasa takut selama beberapa minggu pertama, cobalah melakukan perjalanan singkat dengan orang lain dalam kendaraan.

Mengemudi bersama orang lain dapat membantu pengemudi tetap santai selama perjalanan. Setelah terbiasa mengemudi, pengemudi bisa mulai melakukan perjalanan singkat sendiri.

2. Belajar Mengemudi dari Orang Profesional

Belajar mengemudi dari seorang profesional bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa takut menyetir mobil. Ahli dalam bidang mengemudi tentu memahami cara menghadapi pengendara pemula. Seorang profesional dapat memberikan tips dan saran guna meningkatkan keterampilan dalam mengendarai mobil.

3. Melakukan Visualisasi Positif

Gunakan teknik visualisasi positif saat berlatih mengemudi untuk mengurangi rasa takut dan gugup. Bayangkan diri sendiri mengemudi dengan rasa percaya diri. Latih pikiran untuk mengemudi dengan perasaan positif.

4. Pahami Fungsi Setiap Komponen Kendaraan

Sebelum mengendarai mobil, pahami terlebih dahulu setiap komponen pada bagian kabin beserta fungsinya. Misalnya, bagian pedal di bawah kabin berfungsi untuk melakukan manuver, tuas transmisi berfungsi sebagai pengatur tenaga dan kecepatan kendaraan, serta rem berfungsi mengurangi kecepatan kendaraan. Mengenal seluruh komponen pada kabin tentu mampu mengurangi rasa takut saat mengemudi.

Baca Juga: Tips Mengemudi di Jalan Tol dengan Sistem One Way

5. Atur Posisi Duduk yang Nyaman Sebelum Berkendara

Sebelum mengemudikan mobil, atur terlebih dahulu posisi duduk. Posisi duduk yang nyaman tentu membuat suasana mengemudi lebih tenang. Sesuaikan ketinggian kursi dengan kebutuhan agar jarak pandang ke jalan tidak terhalang dashboard. Selain itu, sesuaikan jarak posisi tempat duduk dengan pedal gas, rem, dan kopling. Jangan sampai posisi jok terlalu jauh dan kesulitan untuk menginjak pedal.

6. Mulai Berlatih Mengemudi di Lingkungan yang Nyaman

Sebagai tahap awal, mulailah berlatih mengemudi di lingkungan yang nyaman dan tidak terlalu ramai. Misalnya, seperti area parkir, jalan sepi, atau jalanan di sekitar perumahan. Setelah terbiasa menjelajahi jalanan yang lebih sepi, pemula bisa mulai menjelajahi jalan yang lebih ramai.

7. Berkendara di Siang Hari

Salah satu hal yang harus dihindari bagi pengemudi pemula adalah mengemudi di malam hari. Pemula akan lebih khawatir saat mengemudi di malam hari, karena objek seperti hewan, kendaraan, atau orang akan lebih sulit terlihat.

Lakukan latihan mengemudi di siang hari hingga terbiasa. Setelah bisa mengatasi ketakutan mengemudi di siang hari, tentu pengemudi pemula akan lebih mudah menaklukan rasa takut mengemudi di malam hari.

8. Jangan Terlalu Keras Terhadap Diri Sendiri

Mengatasi rasa takut mengemudi membutuhkan kesabaran dan waktu. Oleh karena itu, jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika merasa cemas atau membuat kesalahan saat menyetir mobil. Ambil langkah kecil dan tetap fokus pada kemajuan saat mengemudi.

9. Pelajari Defensive Driving

Defensive driving merupakan cara mengemudi yang mengutamakan keselamatan. Secara umum, defensive driving menerapkan lima prinsip dasar, yaitu jaga kecepatan, jaga jarak aman, komunikasi, eye contact, dan antisipasi.

Mempelajari defensive driving mampu mengatasi kepanikan dan ketakutan saat mengemudi. Selain itu, pengemudi bisa lebih waspada dan siap dengan segala potensi bahaya saat berada di jalanan.

10. Ambil Kursus Mengemudi

Alasan utama orang takut mengemudi adalah keterampilan mengemudi yang kurang. Untuk mengatasi hal ini, mengikuti kursus pelatihan mengemudi merupakan hal yang tepat. Dengan mengikuti kursus mengemudi, pemula mampu mendapatkan pengalaman untuk mengendalikan kemudi dibantu oleh instruktur profesional. Pengemudi juga lebih siap menghadapi situasi yang dapat muncul di jalanan.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi ketakutan mengemudi mobil. Untuk tips dan trik lainnya klik di sini!

mobil terkait

Rp 236.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas