Ketahui 12 Tips Merawat Mobil Selama Bulan Puasa

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 March 2023

Ketahui 12 Tips Merawat Mobil Selama Bulan Puasa

momobil.id – Perawatan mobil perlu dilakukan agar kondisi mobil tetap terjaga, khususnya pada bulan puasa. Mobil akan lebih sering dipakai untuk aktivitas ibadah, bepergian, ataupun mudik saat hari Lebaran nanti. Berikut ini adalah tips merawat mobil saat bulan puasa agar kondisinya tetap prima.

1. Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Cara paling mudah untuk merawat mobil saat bulan puasa adalah rutin memanaskan mesin. Hal ini dilakukan agar oli mampu melumasi seluruh bagian ruang mesin mobil secara sempurna. Selain itu, memanaskan mesin mobil juga dapat mengembalikan kapasitas aki yang berkurang apabila mobil tidak dipakai. Panaskan mobil selama 10-15 menit agar kondisi mesin tetap terjaga.

2. Cek Mesin Mobil

Mesin mobil perlu dilakukan pengecekan agar kondisinya tetap baik. Periksa apakah ada kebocoran, atau ada komponen yang rusak dan perlu diganti. Jika mesin bermasalah, maka segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk dilakukan penanganan.

3. Periksa Air Radiator

Air radiator merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan roda empat. Komponen ini mampu mencegah mesin mengalami overheat. Pastikan air radiator berada di level yang cukup dan tidak kekurangan.

Selain itu, pemilik mobil juga perlu memeriksa sistem pendingin mobil. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem pendingin. Mesin mobil akan cepat panas dan mampu merusak komponen mesin lain apabila sistem pendingin rusak.

4. Pastikan Kondisi Aki dalam Keadaan Baik

Aki mobil merupakan komponen terpenting yang berkaitan dengan kelistrikan. Oleh karena itu, kondisi aki perlu diperhatikan. Apabila komponen kelistrikan mobil bermasalah seperti lampu yang menyala redup, atau mobil yang sulit distarter, maka segera melakukan pemeriksaan terhadap aki. Untuk merawat aki, cukup memanaskan mobil paling tidak 1-2 kali seminggu agar menjaga daya yang tersimpan dalam aki.

5. Periksa Tekanan Angin Ban

Selain karena penggunaan, tekanan angin ban juga dapat berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu yang cukup lama. Periksa kembali tekanan angin pada ban mobil. Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Selain membantu menghindari kerusakan pada ban mobil, tekanan angin yang cukup juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil.

6. Cek AC Mobil

Untuk memberikan rasa nyaman saat berkendara di bulan puasa, pengecekan terhadap AC mobil perlu dilakukan. Pastikan sistem pendingin kabin mobil dalam kondisi dingin dan tidak berbau. Apabila performa dari AC mobil kurang maksimal, maka lakukan perawatan secara berkala.

Baca Juga: Supaya Tetap Aman, Ini Tips Berkendara saat Bulan Puasa

7. Mengangkat Wiper

Ketika mobil diparkir di area terbuka, disarankan untuk mengangkat wiper mobil. Suhu panas dari luar akan membuat wiper cepat rusak apabila menempel pada kaca mobil. Pemilik mobil tidak perlu mengangkat wiper apabila memarkirkan mobilnya di tempat teduh.

8. Hindari Parkir Mobil Terlalu Lama di Bawah Terik Matahari

Parkirlah mobil di tempat yang teduh dan terbebas dari sinar matahari jika memungkinkan. Hindari membiarkan mobil terlalu lama diparkir di bawah sinar matahari. Komponen mobil, terutama cat akan cepat usang apabila terlalu sering diparkir di bawah sinar matahari.

9. Periksa Level Oli Mesin

Salah satu komponen yang wajib diperhatikan saat merawat mobil selama bulan puasa adalah oli mesin. Oli berperan penting dalam mengurangi gesekan antar komponen pada mesin dan menghindari panas berlebih pada mesin.

Pastikan level oli mesin selalu cukup. Apabila oli berkurang, tambahkan segera. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti oli mesin secara teratur, sesuai dengan jadwal pemeliharaan yang direkomendasikan oleh pabrikan. Pemilik mobil juga perlu mengganti oli apabila kualitas oli sudah buruk atau oli mesin kotor.

10. Cek Sistem Pengereman

Agar berkendara semakin aman dan nyaman, pengecekan pada bagian sistem pengereman perlu dilakukan. Pastikan kampas rem tidak aus dan level cairan rem cukup. Selain itu, pastikan juga seluruh komponen rem bekerja dengan baik.

11. Rajin Membersihkan Mobil

Selama bulan puasa, mobil lebih sering digunakan untuk bepergian, mudik, atau aktivitas ibadah. Oleh karena itu, pemilik mobil harus menjaga kebersihan dari kendaraannya. Selain membuat mobil menjadi bersih, mencuci dan membersihkan mobil mampu menjaga kualitas eksterior maupun interior.

Ketika mencuci mobil, ada baiknya untuk memperhatikan titik paling kotor terlebih dahulu. Misalnya bagian kaki-kaki, velg, atau kolong fender. Setelah bagian kaki-kaki bersih, cucilah bagian bodi mobil mulai dari bagian atap, kemudian sekeliling kaca hingga bagian bodi tengah sampai bawah.

12. Pastikan Bahan Bakar Kendaraan Cukup

Untuk memenuhi kebutuhan perjalanan, pastikan bahan bakar mobil cukup. Hal ini dilakukan agar tidak perlu sering berhenti untuk mengisi bahan bakar kendaraan.

Itulah tips untuk merawat mobil selama bulan puasa dari momobil.id. Kunjungi website momobil.id untuk mendapatkan penawaran menarik mobil baru dan mobil bekas berkualitas.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 209.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 778.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 143.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 249.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 155.000.000

Individu

GIANYAR


Kembali ke atas