Jangan Asal Pindah Jalur, Ketahui Arti Marka Garis Putih di Jalan Raya

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

26 Sep 2019

momobil.id - Marka jalan merupakan hal yang jamak ditemui oleh pengendara ketika melintas di jalan raya. Salah satu bentuk marka jalan itu yakni garis putih dengan jenis yang beragam. Namun tak semua pengemudi sudah mengetahui arti dari bentuk-bentuk marka jalan tersebut. Padahal, marka jalan menandakan bahwa ada hal-hal yang harus dipatuhi oleh pengemudi ketika melintas di jalan raya.

Agar tidak salah mengartikan arti marka jalan berbentuk garis putih, momobil telah merangkum penjelasan mengenai arti dari beberapa marka jalan garis putih. Berikut penjelasan selengkapnya seperti dilansir Liputan6.

Garis putih putus-putus

Marka ini menandakan bahwa pengemudi boleh melintasi marka jika ingin berpindah jalur apabila satu arah dan menyalip kendaraan lain di depannya dengan hati-hati.

Garis putih penuh

Artinya pengemudi tidak boleh melintasi garis tersebut. Biasanya, marka ini terdapat pada tikungan dan zebra cross.

Garis putih penuh dan putus-putus

Pengemudi yang berada di jalur marka putus-putus diperbolehkan untuk melintasi marka dan menyalip kendaraan di depannya. Namun, harus segera kembali ke jalur semula. Sedangkan jalur dengan garis putih penuh merupakan tanda kepada pengemudi agar tetap berkendara di jalur semestinya dan tidak boleh menyalip kendaraan di depannya.

Garis kuning di pinggir jalan

Selain marka garis putih penuh yang ada di pinggir jalan untuk menandakan tepinya, terdapat pula marka garis kuning penuh yang menandakan bahwa pengemudi tidak boleh berhenti dan parkir pada area tersebut. Marka ini juga bisa berbentuk garis zig-zag berwarna kuning hitam seperti di sisi trotoar.

Baca Juga: Cek kondisi komponen ini sebelum berkendara, tak sampai lima menit

Nah, sekarang sudah lebih paham kan arti dari marka-marka jalan tersebut? Tetap patuhi peraturan lalu-lintas dan hati-hati ketika berkendara ya guys!

Sumber gambar: freyssinet

  • Auto Lifestyle (Display)
  • lalu lintas
  • garis marka jalan
  • marka jalan
  • garis marka
  • garis putih

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PEKANBARU

2015
Otomatis

145 juta

SLEMAN

2014
Otomatis

140 juta

3,979,800 jutaan/bln

JEMBER

2018
Otomatis

235 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More