Ketahui Fungsi Shift Lock pada Mobil Bertransmisi Matik

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 21 June 2022

Ketahui Fungsi Shift Lock pada Mobil Bertransmisi Matik

momobil.id – Pada transmisi matik, terdapat tombol yang memiliki fungsi penting, yaitu shift lock. Shift lock biasanya terletak di ujung, atau pada bagian bawah transmisi dengan bentuk berupa tombol kecil atau lubang. Meskipun tersedia, tidak sedikit pemilik mobil matik yang paham kegunaan dari tombol shift lock. Lantas, apa fungsinya?

Kegunaan Tombol Shift Lock

Fungsi dari shift lock adalah membebaskan penguncian pada tuas transmisi, sehingga mudah digeser ketika mesin dalam keadaan mati. Biasanya ketika kunci kontak dicabut dari slot, tuas persneling terkunci dan tidak dapat dipindahkan. Pada beberapa mobil, posisi tuas persneling harus di posisi P atau Park agar mesin bisa dimatikan, dan kunci bisa dilepas. Jika persneling tidak di posisi P, maka kunci tidak bisa dilepaskan. Transmisi otomatis mengunci girboks dan menahan beban mobil ketika posisi tuas berada pada posisi P.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Tombol Overdrive pada Transmisi Matik

Shift lock membantu pengemudi memarkir kendaraan, terutama saat parkir paralel. Saat shift lock dinyalakan, pengemudi tidak boleh menarik rem tangan. Biasanya, fitur ini digunakan pada lahan parkir yang terbatas atau sempit. Pengemudi dapat lebih mudah menggeser posisi transmisi yang diminta ke dalam N atau netral.

Cara Penggunaan Shift Lock

Cara mengaktifkan fitur shift lock ini tergolong mudah. Saat hendak mengaktifkan shift lock, pengemudi dilarang menarik rem tangan. Ketika mesin sudah dalam keadaan mati, tekan tombol shift lock, atau colok anak kunci untuk mengaktifkan shift lock. Kemudian, pengemudi memindahkan transmisi dari posisi P ke posisi N. Ketika kunci sukses dicabut, maka shift lock sudah bekerja. Transmisi akan bisa digerakan secara bebas apabila fitur ini sedang aktif.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas