Ketahui Fungsi Simbol pada Tuas Wiper

Ditulis oleh : admin | 23 January 2022

Ketahui Fungsi Simbol pada Tuas Wiper

momobil.id – Saat musim hujan, wiper menjadi komponen yang vital untuk visibilitas saat berkendara. Untuk mengaktifkannya, pengemudi hanya memutar tuas wiper yang terletak di bagian belakang setir. Pada mobil Jepang, tuas wiper terletak pada samping kiri, sedangkan untuk mobil Eropa terletak pada bagian kanan. Namun, ada hal yang orang jarang ketahui tentang tuas wiper, yaitu simbol yang mengartikan fungsi dan cara kerjanya. Agar kinerja dari wiper semakin optimal, ada baiknya pengemudi mengetahui fungsi dari masing-masing simbol tersebut.

Intermittent

Simbol “INT” pada tuas wiper memiliki arti intermitten. Fungsi simbol intermitten pada tuas wiper untuk menghapus sapuan titik-titik air pada kaca. Untuk menggunakannya pengemudi menggeser tuas dari posisi off menuju simbol “INT”. Wiper akan bergerak menyapu kaca dengan interval tertentu.

Mist

Simbol “Mist” terletak pada bagian atas tuas wiper. Fitur mist merupakan pengoperasian wiper yang hanya sekali sapuan ketika diaktifkan. Untuk mengaktifka simbol ini, pengemudi hanya perlu memutarkan tuas ke atas dari posisi off satu kali. Ketika tuas dilepas, maka tuas wiper akan kembali pada posisi off. Simbol Mist hanya digunakan untuk membersihkan titik-titik air pada kaca mobil.

Baca Juga: Ternyata Begini Awal Mulanya Fitur Intermitten Pada Wiper Mobil Ditemukan

Fitur LO dan HI pada Tuas Wiper

Simbol LO dan HI pada tuas wiper berfungsi sebagai pengaturan kecepatan wiper. Perbedaan pada LO dan HI terletak pada kecepatan wiper. Simbol HI digunakan ketika dalam keadaan hujan deras, dimana kecepatan wiper akan lebih cepat. Sementara itu, kecepatan wiper akan berkurang ketika diposisikan pada simbol LO.

Tuas Wiper dengan Fitur Auto

Tidak semua mobil memiliki simbol Auto pada tuas wiper. Fungsi simbol ini untuk menyalakan wiper secara otomatis dalam keadaan hujan. Biasanya fitur ini hanya ada pada mobil yang memiliki teknologi rain sensing wiper. Kecepatan wiper juga dapat diatur secara otomatis dalam fitur ini.

Rear

Simbol “Rear” berada pada ujung tuas wiper. Simbol ini berfungsi untuk mengaktifkan wiper belakang dan menyemprotkan washer pada kaca belakang. Untuk mengaktifkannya, pengemudi hanya perlu memutar kenop pada ujung tuas.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas