Ketahui Letak Stiker Keterangan Tekanan Angin Ban Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 May 2022

Ketahui Letak Stiker Keterangan Tekanan Angin Ban Mobil

momobil.id – Penggunaan mobil sebagai alat transportasi merupakan hal yang umum bagi masyarakat kota. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui teknis mobil. Salah satu hal yang wajib untuk diketahui oleh setiap pemilik mobil adalah tekanan angin pada ban mobil. Masih banyak pemilik mobil yang belum paham soal ketentuan tekanan ban yang sesuai dengan anjuran pabrikan mobil, khususnya pengemudi pemula dan wanita. Biasanya, terdapat stiker yang menunjukan ketentuan dari tekanan udara yang ideal pada mobil. Lantas, di mana letak stiker tekanan udara ban tersebut?

Tekanan angin ban yang tidak sesuai berdampak pada kenyamanan dan keselamatan berkendara. Apabila tekanan udara ban melebihi batas maksimal, maka tapak ban yang bersentuhan dengan jalan secara langsung akan tidak merata. Jika tekanan ban kurang dari batas minimal, maka dapat mengakibatkan ban benjol atau pecah. Tekanan angin ban pada setiap mobil berbeda-beda. Oleh karena itu, biasanya pabrikan memasang stiker yang berisi ketentuan tekanan ban yang ideal. Stiker tersebut biasanya menuliskan keterangan mengenai ketentuan tekanan ban sesuai dengan kapasitas penumpang dan barang.

Pada umumnya, letak stiker yang berisi tekanan angin ban mobil terdapat pada bagian pintu pengemudi, pintu penumpang depan, atau pilar bagian dalam. Namun, tidak semua mobil memiliki letak stiker yang sama. Oleh karena itu, penting untuk mencari atau menanyakan stiker tekanan angin ban mobil ke mekanik dari bengkel resmi tempat membeli mobil.

Baca Juga: Tekanan Udara Ban Mobil Rendah Bikin BBM Boros

Cara Mengetahui Ukuran Tekanan Ban yang Ideal

Stiker tekanan angin ban berisi informasi mengenai ukuran ban dan tekanan angin pada ban bagian depan serta belakang. Satuan tekanan angin ban yang tercantum biasanya dalam sistem metrik (kPa) dan imperial (pound per square inch atau PSI). Umumnya tukang tambal ban menggunakan satuan psi.

Untuk cara membaca stiker tekanan ban, ambil contoh tekanan ban pada Toyota Rush G A/T tahun 2019. Pada kolom ukuran ban tertera 215/60R17 dan 215/65R16. Setelah itu, pada bagian samping, biasanya tertulis rekomendasi tekanan ban dalam satuan kPa dan PSI. Misalkan bagian depan 34 PSI dan belakang 38 PSI, maka tekanan ban yang direkomendasi untuk ban bagian depan sebesar 34 PSI, serta bagian belakang sebesar 38 PSI.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas