Ketahui Manfaat dari Rotasi Ban Mobil

Ditulis oleh : admin | 14 February 2022

Ketahui Manfaat dari Rotasi Ban Mobil

momobil.id – Agar mobil dapat berfungsi dengan optimal dan awet, tentunya setiap pemilik harus melakukan perawatan terhadap mobilnya. Setiap komponen penting untuk melakukan perawatam, salah satunya adalah ban mobil. Seiring berjalannya waktu, ban mobil akan mulai berubah secara fisik. Biasanya, sisi pada ban mobil akan terkikis akibat melewati berbagai medan jalan. Salah satu cara untuk merawat ban mobil adalah dengan melakukan rotasi ban. Manfaat dari rotasi ban tentunya sangat penting untuk mencegah keausan ban.

Pada mobil terdapat 4 ban yang terpasang dan keempat ban tersebut saling bekerja sama. Ketika permukaan ban aus tidak merata, maka dapat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara dan permasalahan lain pada ban. Ban yang terkikis hanya pada satu sisi saja seiring berjalan waktu akan semakin tips pada bagian itu saja. Performa mobil akan tidak seimbang ketika mobil sedang melaju. Selain karena usia, ban menipis pada satu sisi bisa saja terjadi karena kondisi camber, caster, dan toe in pada ban. Kondisi ini biasanya terjadi akibat ban yang jarang di-spooring.

Baca Juga: Merek Ban Depan dan Belakang Tak Sama, Amankah Menggunakan Ban Mobil Beda Merek?

Merotasi ban mobil bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menukar ban mobil antara depan dan belakang, atau sisi kanan dan kiri. Penukaran ban juga bisa dilakukan secara silang, yaitu ban kanan dan ban kiri yang ada di depan dan belakang. Dengan kata lain penukaran ban bisa dilakukan di posisi mana saja. Rotasi ban perlu dilakukan setiap kelipatan 10.000 km. Dengan merotasi ban, tentunya pemilik mobil dapat menghemat anggaran dari pembelian ban baru. Selain itu, ban mobil juga dapat aus secara merata.

Hal ini juga selaras dengan pendapat dari Bambang Supriyadi, selaku Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Rotasi ban menjadi saran yang dianjurkan bagi pemilik mobil karena memiliki banyak manfaat, saah satunya adalah membuat ban aus merata.

“Rotasi ban mobil wajib dilakukan untuk menghindari keausan ban berlebihan dalam sisi yang sama,” ujar Bambang dilansir dari Kompas.com.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas