Ketahui Tips Menyusun Barang dalam Bagasi Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 26 April 2023

Ketahui Tips Menyusun Barang dalam Bagasi Mobil

momobil.id – Mobil pribadi seringkali digunakan untuk perjalanan jauh, terutama ketika mudik ke kampung halaman saat Lebaran. Sebelum bepergian jauh, persiapan perlu dilakukan agar perjalanan lebih lancar dan nyaman. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah cara mengatur posisi barang bawaan. Berikut ini adalah beberapa tips menyusun barang dalam bagasi mobil agar perjalanan semakin nyaman.

1. Mempertimbangkan Muatan Barang dengan Daya Muat Kendaraan

Sebelum bepergian jauh, pertimbangkan kembali barang-barang yang hendak dibawa. Usahakan untuk membawa barang yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, sesuaikan pula muatan barang dengan daya angkut kendaraan. Usahakan beban barang bawaan tidak melebihi beban maksimum kendaraan. Untuk mendapatkan informasi mengenai beban maksimum mobil bisa dilihat di buku petunjuk pengguna.

Membawa muatan dengan kapasitas berlebih akan berdampak pada konsumsi bahan bakar kendaraan. Semakin berat kendaraan, maka kinerja mesin akan semakin keras dan membutuhkan putaran yang lebih tinggi untuk berakselerasi.

2. Mengelompokkan Barang

Agar terlihat lebih rapih dan mudah untuk menemukan barang bawaan, pengemudi perlu mengelompokkan barang bawaan terlebih dahulu. Kelompokkan setiap barang berdasarkan jenisnya, misalnya pisahkan tas yang berisi oleh-oleh dengan tas berisi pakaian. Selain itu, pisahkan pula makanan atau perlengkapan bertekstur cair dengan barang bawaan lainnya.

3. Menggunakan Prinsip Center of Gravity

Ketika sudah menentukan barang yang ingin dibawa, susunlah barang bawaan dalam bagasi mobil mulai dari yang terberat dengan dimensi yang besar. Kemudian disusul dengan barang yang lebih ringan pada bagian atas. Misalnya, letakkan tas besar, koper, atau kardus besar di bagian paling bawah. Kemudian letakkan tas ringan pada bagian atasnya.

Untuk menghindari kerusakan barang akibat tertumpuk, sebaiknya letakkan barang berharga seperti laptop, dompet, atau tab pada bagian paling atas. Hindari juga menaruh kardus atau tas yang berisi makanan pada bagian bawah karena berisiko hancur.

4. Memastikan Beban Bagian Kanan dan Kiri Seimbang

Selain memperhatikan tata letak barang secara vertikal, pengemudi juga harus memastikan letak barang pada bagian kanan dan kiri seimbang. Keseimbangan pada sisi bagian kanan mobil harus seimbang dengan bagian kiri. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek limbung pada kendaraan. Apabila berat sebelah, kendaraan akan menjadi tidak stabil. Selain itu, suspensi dan ban mobil akan mengalami tekanan yang tidak seimbang.

Baca Juga: Barang Ini Wajib Ada Di Mobil Ketika Berkendara

5. Rapatkan Barang agar Mengunci Satu Sama Lain

Saat mengatur posisi barang, usahakan tidak ada ruang kosong yang menyebabkan barang berpindah tempat. Rapatkan barang ke bagian kanan dan kiri bodi mobil. Adanya pergeseran barang bisa menimbulkan kerusakan pada barang lainnya akibat gesekan atau goncangan.

6. Pastikan Barang Bawaan Tidak Menutup Kaca Mobil

Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat menyusun barang dalam bagasi mobil adalah visibilitas. Pastikan barang bawaan tidak menutupi visibilitas bagian belakang atau tidak melebihi tinggi kursi belakang. Kondisi ini dapat membahayakan pengemudi karena sulit melihat keadaan di belakang mobil.

7. Menggunakan Bracket atau Jaring

Setelah selesai menyusun barang bawaan, pengemudi dapat menggunakan pengikat tambahan, bracket, atau jaring. Hal ini dilakukan untuk memastikan barang tetap pada tempatnya dan tidak bergeser. Barang yang berpindah tempat berpotensi membuat barang itu sendiri rusak atau bagasi mobil berantakan. Selain itu, barang yang bergeser dapat mengakibatkan bagasi mobil lecet.

8. Perhatikan Posisi Peralatan Recovery

Saat menyusun barang bawaan, perhatikan pula letak posisi peralatan recovery seperti dongkrak, kunci darurat, dan peralatan lainnya. Letakkan peralatan tersebut di tempat yang mudah dijangkau, sehingga mampu memudahkan pengemudi ketika dibutuhkan sewaktu-waktu.

9. Menggunakan Roof Rack

Ketika hendak melakukan perjalanan jauh, pengemudi harus memastikan kabin dalam kondisi yang nyaman. Apabila barang yang dibawa terlalu banyak, pengemudi bisa memanfaatkan bagasi atas mobil atau roof rack untuk menyimpan barang bawaan.

Meskipun diperbolehkan menggunakan roof rack, pengemudi juga harus memperhatikan pemilihan roof rack pada mobil. Pastikan dimensi dari roof rack sesuai dengan kapasitas kendaraan, jangan terlalu besar. Selain itu, pemilihan roof rack disarankan yang berkualitas dan mampu bertahan pada kecepatan 140-160 km/jam.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengatur posisi barang bawaan ketika bepergian jauh atau mudik. Klik di sini untuk tips dan trik lainnya dari momobil.id!

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas