KIA Luncurkan Picanto Facelift 2024, Makin Gahar!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 July 2023

KIA Luncurkan Picanto Facelift 2024, Makin Gahar!

momobil.id – Selain meluncurkan KIA Seltos di India, KIA juga menghadirkan Picanto facelift di Eropa, Australia, dan Korea Selatan. Picanto generasi ketiga yang diluncurkan pada 2017 lalu ini mendapatkan pembaruan yang lebih serius. Berikut ulasan dan spesifikasi dari KIA Picanto 2024.

Ubahan pada Eksterior

Pada facelift kedua, KIA Picanto mendapatkan tampilan yang lebih segar. Picanto kini mengadopsi filosofi desain “Opposites United” serta tersedia dalam dua model trim, yaitu Base Line dan GT-Line.

Pada bagian depan, KIA Picanto mengusung lampu depan berbentuk huruf Y dengan LED. Lampu depan tampak menyambung dengan bagian gril. Bagian gril dan bumper masih mengadopsi ciri khas KIA, yakni Tiger Nose. Khusus varian GT-line, Picanto dilengkapi dengan air intake pada bagian bumper depan dan gril.

Beralih ke bagian samping, KIA Picanto Base Line dibekali dengan velg berukuran 14 inci sebagai standar. KIA juga memberikan opsi velg 15 inci dan 16 inci. Sementara varian GT-Line mengusung velg 16 inci dengan desain yang lebih modern.

Pada bagian belakang, KIA Picanto mendapatkan sentuhan baru lampu belakang LED yang menyambung di bawah kaca belakang. Bumper belakang turut diperbarui dengan tarikan garis tajam, serta reflektor lebih kecil. Varian GT-Line mengusung diffuser yang tampak lebih agresif.

KIA Picanto
Tampak Belakang KIA Picanto

Interior dan Fitur

Berpindah ke dalam kabin, tidak ada ubahan yang signifikan terhadap desainnya. Pada bagian dashboard terdapat multi informasi display berukuran 8 inci yang kompatibel dengan Bluetooth, Online Voice Recognition, Apple CarPlay, dan Android Auto. Bagian tengah mempertahankan kenop fisik dan digabungkan dengan kluster instrumen digital standar 4,2 inci.

Untuk fitur keselamatan, KIA Picanto dibekali dengan fitur ADAS yang meliputi Forward Collision-Avoidance Asssist, Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCE), Lane Keeping Assists (LKA), Driver Attention Warning and Leading Vehicle Departure Warning (DAW+), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA) dan Lane Following Assist (LFA).

Baca Juga: Spesifikasi KIA Seltos Facelift, Pakai Mesin Baru

Pilihan Mesin

Di Eropa dan Australia, KIA Picanto mengadopsi dua pilihan mesin bensin, yaitu 1.0 MPi 3 silinder dan 1.2 MPi 4 silinder. Mesin 1,0 liter hadir bagi konsumen yang mementingkan efisiensi. Sementara mesin 1,2 liter diperuntukkan bagi konsumen yang menginginkan mesin bertenaga lebih. Sayangnya, mesin 1.0 T-GDi turbocharged kini dihilangkan dari varian baru Picanto.

KIA belum membeberkan informasi mengenai output mesin tersebut. Mengacu pada Hyundai i10 dengan mesin yang serupa, mesin 1.0 MPi 3 silinder mampu menghasilkan tenaga 66 hp. Sementara mesin 1.2 MPi 4 silinder sanggup mengeluarkan tenaga 83 hp. Tenaga disalurkan melalui roda depan lewat pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

Meskipun tidak disematkan opsi turbo, kedua mesin KIA Picanto mendapatkan penyegaran pada pendinginan combustion chamber, intake valve timing, dan exhaust gas recirculation lines. Dengan demikian, efisiensi bahan bakar menjadi lebih tinggi dan emisi lebih rendah.

Sementara KIA Picanto spek Korea Selatan atau KIA Morning hanya mendapatkan pilihan mesin 1,0 liter MPi 3 silinder. Mesin dikombinasikan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

mobil terkait

Rp 407.600.000

Individu

Jakarta

Rp 414.600.000

Individu

Jakarta

Rp 467.000.000

Individu

Jakarta

Rp 948.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 8.488.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 928.000.000

Individu

Jakarta


Kembali ke atas