Komentar Bos Honda Terkait Rumor Jazz Bakal Discontinue

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 16 December 2020

Komentar Bos Honda Terkait Rumor Jazz Bakal Discontinue

momobil.id – Pasar otomotif Thailand belum lama ini kedatangan Honda City Hatchback, yang secara model bermain di kelas yang sama seperti Honda Jazz. Hal ini kemudian menimbulkan rumor Honda Jazz di Indonesia bakan discontinue dan digantikan City Hatchback.

Lalu, apa komentar pihak Honda terkait rumor Jazz bakal discontinue? Menanggapi hal ini, Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), menjelaskan pihaknya masih mempelajari kemungkinan tersebut.

“Apakah akan menggantikan Jazz atau tidak, apakah akan diluncurkan di Indonesia, atau justru sama-sama (dipasarkan keduanya)? Terus terang ini semua masih kita pelajari sampai saat ini,” ucap Billy dalam konferensi virtual, seperti dilansir GridOto.

Billy mengatakan, semua produk yang akan diluncurkan di Indonesia, pastinya melewati proses pengkajian dan riset yang detail. Hal tersebut bertujuan agar produk yang telah dikeluarkan mendapat penerimaan baik di masyarakat. Jika melihat pasar Honda Jazz saat ini, Billy mengaku penjualan hatchback tersebut masih dianggapnya baik.

Bahkan, Honda Jazz sejauh ini masih menjadi produk tiga besar andalan Honda setelah Brio dan HR-V. “Kalau kita lihat memang City Hatchback ini punya desain yang sangat sporty, cocok sekali dengan DNA Honda dan konsumen di sini (Indonesia). Namun sekali lagi, kita harus pelajari dulu soal bagaimannya,” ucap Billy.

Jika mengacu pada data retail sales Honda, sepanjang Januari-November 2020, Jazz telah laku terjual sebanyak 5.179 unit. Khusus di November 2020, penjualannya ada di angka 641 unit, turun jika dibandingkan periode Oktober 2020 yang laku sebanyak 746 unit.

Adapun di pasar Amerika Serikat, Honda Fit atau Jazz dikabarkan akan berhenti dijual. Honda Fit tak sendiri, karena ada beberapa model yang disebut tak lagi mengaspal di Negeri Paman Sam yakni Civic Coupe, dan Accord bertransmisi manual.

Baca juga: Supaya Nilai Jual Mobil Tetap Tinggi, Coba Lakukan Lima Hal Berikut

Seperti dilansir Kompas.com, untuk menyeimbangkan pasar setelah Fit meninggalkan pasar, Honda Amerika Serikat akan mengandalkan penjualan pada HR-V dan Civic Hatchback yang menjadi produk entry level di sana. Kabarnya penjualan di segmen SUV yang dihuni HR-V cukup menjanjikan. Sementara di segmen hatchback, rupanya Civic hatchback bisa lebih laku dari Fit, dengan perbandingan 2:1.


Kembali ke atas