Komparasi Mobil Listrik MG 4 EV vs Hyundai IONIQ 5

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 January 2024

Komparasi Mobil Listrik MG 4 EV vs Hyundai IONIQ 5

momobil.id – MG baru saja merilis MG 4 EV rakitan dalam negeri. Mobil bergaya hatchback crossover tersebut dibanderol dengan harga yang bcukup terjangkau di harga Rp400 jutaan. Dilihat dari sisi penampilan dan performa, MG 4 EV sering dibandingkan dengan Hyundai IONIQ 5. Lantas, apa keunggulan dan kekurangan dari kedua mobil tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

Eksterior

1. MG 4 EV

MG 4 EV
MG 4 EV

MG 4 EV menawarkan desain eksterior yang futuristis dan diadopsi dari Avantgarde Inductive Design, hasil kreativitas tim desainer Morris Garage di London, Inggris.

Pada bagian depan, MG 4 EV mengusung lampu depan dengan bentuk tajam berteknologi LED matrix. Fasia depan dari MG 4 EV sekilas mirip seperti moncong ikan hiu. Garis lekukan pada bagian depan berlanjut hingga bagian bodi samping.

Bagian samping menggunakan velg berukuran 17 inci dengan profil ban 215/50 R17. Sementara pada bagian belakang, nuansa modern masih terasa dengan penggunaan lampu belakang horizontal yang melintang hingga ke bagian emblem MG. Bagian atap terpasang dua buah spoiler yang cukup unik.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm, tinggi 1.516 mm, dan jarak sumbu roda 2.705 mm. MG 4 EV tersedia dalam sejumlah pilihan warna eksterior, diantaranya Brighton Blue, Black Knight, Metal Ash Grey, Arctic White, dan Scarlet Red.

2. Hyundai IONIQ 5

Tampak Belakang Hyundai IONIQ 5

Tampilan dari Hyundai IONIQ 5 terinspirasi dari Hyundai Pony tahun 1974. Mobil ini hadir menggunakan platform E-GMP (Electric Global Modular Platform) yang juga digunakan oleh KIA EV6. Pada bagian depan, sekotor penerangan IONIQ 5 dilengkapi dengan Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LEDs. Bagian grill dan lampu depan tampak terlihat menyatu dan memanjang. 

Bagian samping mobil terlihat unik dan sporty dengan flush door handles. Untuk varian tertinggi dilengkapi dengan velg alloy berdiameter 20 inci untuk tipe Signature Long Range. Sementara untuk varian di bawahnya masih menggunakan velg 19 inci dual-tone.Lanjut ke bagian belakang, IONIQ 5 dilengkapi dengan Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps, serta desain belakang dengan spoiler aerodinamis.

Dilihat dari dimensinya, Hyundai IONIQ 5 memiliki panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.605 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm. Hyundai IONIQ 5 ditawarkan dalam lima pilihan warna, diantaranya Gravity Gold Matte, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Optic White.

Interior dan Fitur

1. MG 4 EV

Interior MG 4 EV
Interior MG 4 EV

Kesan modern dan canggih terasa dalam kabin MG 4 EV. Mobil crossover listrik ini hadir dengan dashboard minimalis, serta penggunaan lingkar kemudi berbentuk segi enam. Sementara nuansa kabin hadir dengan warna hitam.

MG 4 EV dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih. Misalnya, layar sentuh berukuran 10,25 inci yang sudah terkoneksi dengan smartphone, Apple CarPlay, dan Android Auto, speaker, multifunction steering wheel, digital intelligent display berukuran 7 inci, intelligent smart access, dan wireless charging system. Mobil ini juga disematkan fitur Vehicle 2 Load dan i-SMART yang terintegrasi dengan smartphone.

Fitur keamanan dan keselamatan dari MG 4 EV meliputi 3D surround view camera, driver monitor system, adaptive cruise control, lane keeping assist, rear collision warning, curtain airbags, serta sistem pengereman ABS+ EBD.

2. Hyundai IONIQ 5

IONIQ 5
Interior Hyundai IONIQ 5

Bagian interior dari Hyundai IONIQ 5 terlihat modern dan minimalis, serta dilapisi dengan bahan ramah lingkungan. Misalnya, jok kulit menggunakan 32 botol berbahan PET yang didaur ulang, dan panel pintu terbuat dari bahan kertas HDPE.

Pada area dashboard, Hyundai menyematkan layar berukuran 12,3 inci Full TFT LCD Touch Audio Display. Layar tersebut bisa terhubung dengan ponsel secara nirkabel lewat bluetooth atau dengan kabel USB. Untuk varian tertinggi terpasang vision roof, premium relaxation seat, pendingin dan pemanas kursi yang terpasang pada kursi pengemudi serta penumpang.

Tipe tertinggi dari Hyundai IONIQ 5 mengusung fitur keselamatan Hyundai Smart Sense. Fitur pada Hyundai Smart Sense tersebut meliputi High Beam Assist, Collision-Avoidance Assist, Cruise Control, Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitor, serta Driver Attention Warning.

Selain itu Hyundai juga masih menyematkan fitur keselamatan lain, diantaranya 6 buah airbag, Electric Parking Brake, Hill Start Assist, Stability Control, hingga Tire Pressure Monitoring System. Ada juga fitur Vehicle to Load (V2L) yang mampu digunakan untuk mengisi daya perangkat lain, serta Hyundai Bluelink yang memudahkan pemiliknya memonitor mobil lewat smartphone.

Baca Juga: Komparasi Mobil Listrik Wuling Binguo EV vs Neta V

Sektor Performa

1. MG 4 EV

MG 4 EV ditenagai oleh motor listrik pada roda belakang berdaya 170 hp dengan torsi 250 Nm. Mobil listrik MG ini mampu berakserlerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,7 detik.

Sumber tenaga berasal dari baterai lithium-ion phosphate dengan teknologi inovatif Rubik’s Cube berkapasitas 51 kWh. Pengisian baterai sudah mendukung fast charging dengan kemampuan mengisi daya 0 hingga 80% dalam waktu 35 menit. Baterai yang cukup besar sanggup membawa mobil berjelajah sejauh 425 km dalam sekali pengisian daya penuh.

2. Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 ditawarkan dalam dua pilihan kapasitas baterai. Varian Standard Range dibekali dengan baterai berkapasitas 58 kWh dan pilihan penggerak roda depan atau belakang. Mobil mampu melesat dengan kecepatan maksimal 185 km/jam dan jarak sejauh 384 km dalam sekali pengisian daya penuh. 

Ada juga varian Long Range dengan baterai berkapasitas 72,6 kWh dan penggerak empat roda sebagai tipe tertinggi. Motor listriknya mampu menghasilkan daya sebesar 300 dk dan torsi 605 Nm. Varian Long Range mampu menempuh jarak sejauh 481 km. Kedua baterai Hyundai IONIQ 5 sudah dilengkapi dengan sistem multi-charging.

Harga

Baik MG 4 EV maupun Hyundai IONIQ 5 sudah dirakit secara lokal atau berstatus CKD (Completely Knock Down).

MG 4 EV dijual dengan harga Rp433.000.000,- (on the road DKI Jakarta) untuk varian tertinggi. Harga tersebut ditawarkan dengan MG Electric Package. Paket tersebut termasuk garansi baterai selama 8 tahun atau 140.000 km, garansi mobil selama 4 tahun tanpa limit km, garansi free maintenance + labor + sparepart selama 5 tahun atau 75.000 km, gratis kabel adapter V2L, dan gratis Mobile Home Charging 7,7 kW.

Sementara Hyundai IONIQ 5 hadir dalam empat pilihan varian. Berikut daftar harganya.

  • Prime Standard Range = Rp782.000.000.-
  • Prime Long Range = Rp823.000.000,-
  • Signature Standard Range = Rp845.000.000,-
  • Signature Long Range = Rp895.000.000,-

mobil terkait

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

BOGOR

Rp 265.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 356.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 235.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 345.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas