Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Berkendara

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 12 April 2022

Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Berkendara

momobil.id – Ketika hendak berkendara jauh, pengemudi harus memastikan kondisi mobil tetap dalam keadaan prima. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengecek kondisi keseluruhan dari mobil. Berikut ini merupakan komponen yang wajib diperiksa sebelum berkendara jauh.

Oli dan Cairan Pendingin

Sebelum berkendara jauh, ada baiknya untuk memeriksa kadar cairan dalam mobil. Kadar cairan tersebut antara lain adalah oli dan cairan pendingin. Apabila cairan pendingin dan oli rendah, maka komponen dalam mesin bisa mengalami kebocoran saat berkendara. Sebelum berkendara jauh, ada baiknya oli mobil diganti terlebih dahulu. Selain itu, minyak rem juga perlu diisi apabila level minyak terlalu rendah. Hal ini dilakukan agar performa mobil tetap baik dan aman untuk dikendarai.

Aki

Komponen yang berfungsi untuk menyimpan dan menyuplai daya listrik untuk komponen lainnya adalah aki. Pastikan aki dalam kondisi yang prima dan terawat. Apabila terdapat masalah pada aki, tentu mobil tidak akan bisa dinyalakan. Hal ini sangat menghambat perjalanan.

Wiper

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan komponen wiper berfungsi dengan baik. Hal ini merupakan salah satu hal yang penting karena wiper mempengaruhi visibilitas pengemudi. Apabila kondisi wiper dalam keadaan buruk dan tidak mampu membersihkan kotoran dengan sempurna, maka dapat mengganggu penglihatan pengemudi.

Baca Juga: Mengenal Komponen Body Valve Matic dan Cara Kerjanya

Lampu Mobil

Agar visibilitas lebih baik saat malam hari, pastikan bahwa lampu mobil bekerja dengan benar. Lampu mobil sangat berguna, apalagi ketika berkendara di malam hari. Pastikan lampu tidak redup saat dinyalakan. Selain itu, pengemudi juga perlu memastikan lampu sein berfungsi dengan baik agar dapat meminimalisir resiko kecelakaan.

Ban

Ban merupakan salah satu bagian paling penting pada kendaraan. Kondisi ban harus dalam keadaan baik saat hendak digunakan untuk berpergian jauh. Oleh karena itu, pengemudi harus memeriksa permukaan ban sebelum berkendara. Periksa permukaan ban apakah ada kerusakan, retak, atau ban yang mulai aus. Selain itu, pengemudi juga perlu mengecek tekanan udara pada ban. Tekanan udara sangat berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan berkendara. Pengemudi juga perlu memastikan kondisi ban cadangan tetap prima.

Rem

Salah satu komponen paling penting yang wajib diperiksa sebelum berkendara adalah rem. Pastikan rem dapat bekerja dengan baik, serta minyak rem dalam level yang cukup. Rem yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan rem blong. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi keselamatan berkendara.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas