Kondisi Cat Sudah Begini, Waktunya Dibawa ke Salon Mobil

Ditulis oleh : Hizkia Oloan Panjaitan

27 November 2019

Kondisi Cat Sudah Begini, Waktunya Dibawa ke Salon Mobil

momobil.id – Jika kamu memiliki sebuah mobil, pastikan merawat mobil tersebut secara rutin. Mengapa? Tujuannya agar menjaga mobil tetap dalam performa terbaik. Perihal perawatan, tak selalu soal mesin. Penampilan pun harus dirawat agar nyaman dipandang mata. Misalnya, dengan membawanya ke salon mobil terdekat guna menjaga penampilan mobil tetap prima.

Ketika mobil digunakan secara rutin, tentu kualitas cat mobil yang awalnya mengkilap lambat laun akan terlihat kusam. Hal ini disebabkan oleh beberapa kondisi. Nah, berikut ulasan kapan harus membawa mobil ke salon mobil terdekat atau salon mobil langganan untuk beberapa kondisi.

Baret halus pada cat mobil

Sumber foto: CgSociety

Cara mudah agar dapat melihat swirls atau baret halus pada mobil yaitu dengan menggunakan cahaya, seperti cahaya lampu senter maupun pantulan sinar matahari. Swirls akan nampak melingkari cahaya tersebut dan membentuk seperti sarang laba-laba.

Hal ini terjadi akibat bermacam-macam kontaminasi seperti tergesek daun, proses cuci yang salah, maupun proses cuci mobil otomatis (auto car wash). Jika swirls ini sudah banyak terbentuk, maka akan membuat mobil terlihat kusam.

Swirls dapat dihilangkan dengan menggunakan metode poles mobil, bahkan baret yang cukup dalam. Namun dengan catatan belum melewati lapisan coating. Baret terlalu dalam tidak dapat dipoles, namun harus dibawa ke bengkel cat mobil.

Waterspot

Sumber foto: Webviral.club

Jika melihat noda seperti pulau-pulau di body mobil, itu merupakan waterspot yang muncul lantaran air hujan atau air yang bersifat asam mengering pada cat mobil dalam jangka waktu tertentu. Sebelum waterspot timbul pada body mobil, sebaiknya segera bersihkan body mobil secara menyeluruh setelah mobil terkena air hujan.

Penanganan yang tepat untuk menghilangkan waterspot ini dengan cara memoles body mobil. Setelah itu dilanjutkan dengan proses polishing dan waxing di salon mobil terdekat atau salon mobil langganan agar body mobil terlihat seperti baru kembali.

Terpapar oksidasi

Sumber foto: AutobodyFremont

Oksidasi merupakan reaksi kimia yang terjadi secara natural dari alam. Biasanya karena paparan sinar matahari, oksigen, dan kadar garam pada udara. Mobil yang terkena oksidasi dapat membuat cat memudar seperti jamur yang melebar. Jika pada mobil putih, efeknya warna cat mobil menjadi mulai kekuningan. Pada konsisi tersebut, segera bawa mobil ke salon mobil untuk menjalankan metode poles pada cat mobil.

Kontaminasi kotoran burung dan serangga

Sumber foto: Carmudi

Kotoran burung dan serangga merupakan salah satu noda membandel yang berbahaya bagi cat mobil. Terdapat unsur asam yang mampu merusak warna serta penampilan cat mobil. Jika kotoran burung dan serangga yang menempel pada body mobil didiamkan terlalu lama, efeknya bisa membuat kerusakan permanen pada cat mobil yang tidak bisa hilang walau sudah dipoles.

Jadi, ketika mengetahui ada kotoran burung atau serangga pada body mobil dalam frekuensi waktu tertentu, langsung saja bawa mobil ke salon mobil agar body mobil tidak mengalami kerusakan parah secara permanen.

Baca Juga: Daftar kartun anime balap mobil yang bikin wibu bernostalgia

Sebagai informasi, untuk perawatan mobil jika dipakai sehari-hari, dapat dilakukan setiap tiga hingga enam bulan sekali. Sedangkan mobil yang jarang dipakai bisa dilakukan enam sampai dua belas bulan sekali. Semua tergantung bagaimana cara pemilik memperlakukan mobil, baik saat digunakan, disimpan, maupun ketika perbaikan.

Sumber gambar: HaloTechnics

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas