Kredit Mobil DP Murah? Bahkan DP Nol Persen

Kredit Mobil DP Murah | DP Nol Persen

 

momobil.id - Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana merevisi peraturan terkait uang muka kredit kendaraan bermotor. Nantinya konsumen dapat membeli mobil dengan dp 0 persen atau kredit mobil DP murah.

 

Menurut Deputi Komisioner Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK M Ihsanudin, sebagaimana dilansir detik.com, aturan ini bertujuan mendorong pertumbuhan kredit kendaraan melalui leasing di Indonesia.

 

“Tapi kami juga akan memberlakukan persyaratan untuk perusahaan jika ingin menerapkan kebijakan ini," kata Ihsanudin.

 

Rencana pemerintah itu menuai beragam komentar. Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Jongkie D. Sugiarto mendukung kebijakan uang muka nol persen untuk membeli mobil. Namun ia tetap menyerahkan aturan itu ke leasing, karena mereka yang menganalisa calon pembelinya.

 

Menurut Jongkie, benar kebijakan itu dapat meningkatkan penjualan mobil di Tanah Air, tapi aturan itu bisa juga membuat kredit macet lantaran masyarakat dimudahkan di awal pembelian. “Kalau banyak kredit macet maka akan banyak mobil bekas di pasar dan ini mengganggu penjualan mobil baru," ujarnya dikutip dari Viva.co.id.

 

Agen pemegang merek mobil di Indonesia seperti PT Toyota Astra Motor (TAM) pun menyambut baik rencana pemerintah itu. Namun pihak TAM meminta sebelum merevisi aturan OJK, harus ada analisa mendalam soal daya beli konsumen.

 

"Analisa yang dimaksud mengenai kelayakan kemampuan membayar customer secara cermat, supaya tingkat NPL (Non Performing Loan) tidak meningkat,” kata Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

 

Ia menambahkan, ada banyak faktor yang menyebabkan konsumen tidak mampu membayar angsuran. Misal, pengemudi taksi online. Di awal, penghasilannya bisa sekitar Rp 10 juta per bulan. Namun karena makin banyak pengemudi baru menyebabkan penghasilan turun. “Akhirnya bisa saja menyebabkan gagal bayar," katanya.

 

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno juga menyambut baik relaksasi kebijakan dari regulator tersebut.

 

"Multifinance menyambut positif setiap kebijakan relaksasi untuk pertumbuhan dan semoga bisa membuat pertumbuhan industri lebih baik dan sehat," kata Suwandi dilansir detikFinance.

 

Aturan yang akan direvisi adalah peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan akan direvisi. Satu poin yang menjadi sorotan adalah pelonggaran loan-to-value (LTV) untuk uang muka pembiayaan kendaraan bermotor, sebesar nol persen.

  

Oleh: Putra. P

 Foto: Istimewa - Kredit Mobil DP Murah

Berita Terbaru

  • Penyebab Power Steering Terasa Berat dan Cara Mencegahnya
    • 24 Jun 2019
  • Baterai Remote Keyless Habis, Bagaimana Caranya Membuka Mobil?
    • 24 Jun 2019
  • Serba-serbi Seputar Transmisi Mobil Matic
    • 20 Jun 2019
  • Tak Sekedar Hiasan, Ini Fungsi Gril Pada Mobil
    • 19 Jun 2019
  • Memahami Fungsi Ring Piston dan Cara Merawatnya
    • 19 Jun 2019