Kupas Tuntas Spesifikasi XL7, LSUV Terbaru dari Suzuki

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 February 2020

momobil.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan produk barunya yakni XL7 pada Sabtu (15/2/2020) kemarin. Menggunakan platform HEARTECT seperti Ertiga, Ignis, dan Baleno, Suzuki menyebut XL7 sebagai mobil yang masuk di dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV).

Sekilas, tampilan XL7 memang masih menyisakan aura Ertiga. Namun menurut pihak Suzuki, XL7 memiliki dua ratus item part yang berbeda dengan Ertiga. Secara dimensi, XL7 memiliki panjang 4.450 mm atau lebih panjang 55 mm dari Ertiga. Lebarnya 1.775 mm atau 40 mm lebih lebar dari Ertiga. Sedangkan tingginya mencapai 1.710 mm atau 20 mm lebih tinggi dibanding Ertiga. Tak hanya itu, ground clearance XL7 juga lebih tinggi yakni 200 mm. Sementara Ertiga hanya memiliki ground clearance 180 mm.

Masih dari sisi eksterior, aura SUV pada XL7 dihadirkan lewat penggunaan muscular sweeping cross bar-front chrome grille design. Sorot mata XL7 makin tajam dengan penggunaan headlamp LED yang dilengkapi DRL. Bagian atap XL7 turut dibekali roof rail, serta spoiler di bagian belakang yang menambah kesan sporty. Di bagian kaki-kaki, XL7 menggunakan ban 195/60 ring 16.

Masuk ke bagian interior, XL7 memiliki desain dashboard yang mirip dengan Ertiga namun berbeda dalam sentuhan aksennya. XL7 mengusung warna dengan tema serba hitam, dan aksen wood panel diganti dengan motif menyerupai karbon. Bagian setir sudah tampak mewah karena dibungkus dengan lapisan sintetis.

Untuk fitur hiburan di dalam kabin, ada audio layar sentuh delapan inci yang didukung switch audio control dan koneksi bluetooth. Tampilan pengaturan pendingin udara sudah digital, dan bagian multi information display (MID) sudah menggunakan TFT MID yang cukup informatif yang mampu menampilkan informasi kendaraan yang didukung dengan motion.

Adapun dari sisi mesin, XL7 menggunakan mesin yang sama dengan Ertiga yakni K15B dengan kubikasi 1.462cc yang mampu menyemburkan tenaga 102 hp di 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm di 4.400 rpm. Meski mesinnya sama, XL7 ternyata lebih boros jika dibandingkan Ertiga menurut keterangan pihak Suzuki. “Hasil pengujian kami, BBM XL7 itu 15,78 kpl yang transmisi otomatis. Sementara Ertiga 16,43 kpl untuk yang otomatis juga. Kalau yang transmisi manual, saya lupa berapa,” ujar Direktur Pemasaran 4W PT SIS, Donny Saputra.

Perbedaan fitur varian Zeta, Beta, dan Alpha

XL7 ditawarkan dalam tiga varian yakni Zeta, Beta, dan Alpha. Varian Zeta merupakan varian terendah, sedangkan Alpha adalah varian tertinggi. Tiga varian ini tentu saja memiliki perbedaan, terutama dari sisi fitur yang ditawarkan.

Perbedaan pertama adalah dari sisi pilihan warna. Varian Zeta dan Beta hanya tersedia warna Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Metallic Magma Grey. Sedangkan varian Alpha terdapat pilihan dual tone yakni Rising Orange+Black dan Brave Khaki+Black. Ada juga pilihan satu warna untuk varian Alpha yakni Prime Cool Black dan Prime Snow White.

Perbedaan selanjutnya ada di bagian interior. Varian Beta dan Alpha telah dibekali power outlet di semua baris. Sedangkan varian Zeta hanya memiliki satu power outlet di bagian depan. Varian Beta dan Alpha juga dibekali pengaturan koneksi bluetooth di bagian setir dan keyless.

Fitur paling menarik yang disematkan Suzuki pada XL7 adalah Smart e-Mirror. Lewat fitur ini, pengguna bisa melihat dan merekam kondisi lingkungan yang berada di bagian depan maupun belakang mobil. Smart e-Mirror merupakan kaca tengah yang biasa diletakkan di dalam kabin seperti mobil pada umumnya, namun memiliki kemampuan seperti yang telah disebutkan di atas. Sebagai catatan, fitur ini hanya tersedia di varian Alpha.

Baca Juga: Isuzu Isyaratkan Suntik Mati Panther Tahun Depan

Di bagian eksterior, varian Alpha dan Beta sudah menggunakan spion elektrik. Bagian door handle varian Alpha dan Beta juga sudah dilapisi krom. Sedangkan varian Zeta masih sewarna dengan cat body. Pada bagian belakang, varian Alpha dan Beta sudah menggunakan rear combination lamp LED with light guides dan rear window demister. Khusus varian Alpha, ada tambahan pemanis krom yang berdekatan dengan bagian plat nomor.

Adapun untuk fitur keamanan, semua varian telah dilengkapi rem ABS, EBD, dual SRS airbags, jok ISOFIX, kunci immobilizer, sensor parkir, dan alarm. Khusus transmisi otomatis, ditambahkan kamera belakang. Pada varian Alpha dan Beta, turut ditambahkan fitur Hill Hold Control dan Electronic Stability Program (ESP).

Terkait harga, XL7 ditawarkan mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta. Berikut rincian harganya:

  • Zeta M/T: Rp230 juta
  • Zeta A/T: Rp240,5 juta
  • Beta M/T: Rp246,5 juta
  • Beta A/T: Rp257 juta
  • Alpha M/T: Rp256,5 juta
  • Alpha A/T: Rp267 juta

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas