Lakukan 7 Hal Ini Ketika Menghadapi Gempa saat Berkendara

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 January 2024

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Menghadapi Gempa saat Berkendara

momobil.id – Peristiwa gempa bumi di Indonesia kerap kali terjadi. Gempa sendiri disebabkan karena adanya pergerakan dalam kerak bumi oleh tekanan dan tarikan pada bebatuan. Peristiwa ini bisa terjadi kapan saja. Namun, bagaimana jika terjadi gempa ketika sedang berkendara? Berikut merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi gempa saat berkendara dengan mobil.

1. Awasi Kondisi Sekeliling Kendaraan

Seringkali pengemudi tidak merasakan getaran yang dihasilkan oleh gempa bumi ketika berkendara. Risiko terjebak dalam mobil bisa saja terjadi saat itu. Ketika gempa bumi, orang-orang tentu berlarian menyelamatkan diri. Oleh karena itu, pengemudi perlu mengawasi kondisi sekeliling dari kendaraan.

2. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Salah satu hal yang wajib dilakukan ketika menghadapi gempa saat berkendara adalah tetap tenang dan jangan panik. Dengan berusaha mengontrol diri, pengemudi tentu dapat berpikir logis dan memperhitungkan apa yang akan terjadi. Pastikan untuk mempertahankan kendali mobil agar tetap aman.

3. Kurangi Kecepatan

Guncangan yang dihasilkan dari gempa bumi tentu dapat diredam oleh suspensi mobil. Ketika berkendara sat terjadi gempa bumi, pastikan untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Pemilik mobil juga disarankan untuk menghindari rem mendadak karena dapat membahayakan pengemudi belakang.

4. Hindari Jalanan Retak

Gempa yang cukup besar berpotensi membuat jalanan retak. Apabila ada jalanan retak atau turunan yang cukup curam, hindari melintasi di atas jalanan tersebut karena cukup berbahaya.

Baca Juga: Ketahui 5 Hal yang Bisa Menggugurkan Garansi Mobil Baru

5. Menepi di Tempat Terbuka

Apabila pengemudi merasakan adanya gempa ketika berkendara, carilah area terbuka dan tetap berada di dalam kendaraan. Area terbuka yang dimaksud merupakan area yang jauh dari pohon, bangunan tinggi, atau lereng yang curam. Hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari benda yang jatuh.

6. Cari Informasi

Apabila merasakan adanya gempa bumi saat berkendara, carilah informasi dari badan resmi atau portal berita terpercaya. Menepi terlebih dahulu, kemudian nyalakan radio, atau lihatlah smartphone untuk memantau kabar mengenai gempa bumi. Ikutilah instruksi dari badan berwenang apabila terjadi keadaan darurat.

7. Keluar dari Mobil

Jika gempa yang dirasakan semakin besar, ada baiknya untuk keluar dan meninggalkan mobil. Bawalah barang-barang berharga, kemudian berlindung di tempat yang lebih aman.

Pengemudi disarankan untuk menghindari berkendara di jalanan rusak yang parah atau lalu lintas kacau karena cukup membahayakan. Apabila terjadi potensi tsunami, maka berlindunglah di dataran yang lebih tinggi.

mobil terkait

Rp 173.990.000

Individu

BANDUNG

Rp 173.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 149.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 171.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 180.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 176.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas