Lakukan Hal Ini saat Mobil Ditinggal Mudik

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 April 2022

Lakukan Hal Ini saat Mobil Ditinggal Mudik

momobil.id – Mudik Lebaran sudah diizinkan tahun ini dengan beberapa syarat. Namun tidak semua masyarakat menggunakan mobil pribadi untuk mudik. Sebagian masyarakat menggunakan alat transportasi umum saat mudik seperti pesawat, bus, kereta, hingga kapal. Ketika mudik menggunakan alat transportasi lain, pengemudi harus memperhatikan mobil pribadi yang ditinggal di rumah. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan saat meninggalkan mobil di rumah.

Lepas Kabel ACCU Mobil

Ketika mobil ditinggal dalam jangka waktu lama, disarankan untuk melepaskan kabel aki. Tujuannya agar ACCU mobil tidak habis akibat mobil tidak dinyalakan terlalu lama. Namun, ketika mobil ditinggalkan hanya dalam 2-3 hari, kabel ACCU tidak perlu dicabut. Ketika kabel ACCU dicabut, maka memory jam, head unit, dll akan tersetting ulang.

Parkirlah Mobil di Tempat yang Tertutup

Salah satu cara yang paling utama saat meninggalkan mobil dalam jangka waktu lama adalah memarkir mobil di tempat tertutup. Hal ini dilakukan agar mobil terhindar dari hujan, kotoran, serta hal lainnya. Selain itu, pemilik mobil juga disarankan untuk menggunakan sarung mobil agar bodi mobil terlindungi dari debu.

Baca Juga: Tips Merawat Dashboard Mobil agar Tidak Kusam

Penuhi Tangki Bahan Bakar

Ketika mobil ditinggal mudik, pemilik mobil perlu mengisi tangki bahan bakar penuh. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kondensasi akibat adanya ruang kosong pada tangki bahan bakar. Kondensasi dapat menimbulkan titik air pada ruang bahan bakar sehingga dapat memunculkan karat.

Angkat Wiper Sebelum Mobil Ditinggal

Saat mobil ditinggal lama, disarankan untuk mengangkat wiper. Wiper yang tidak diangkat dikhawatirkan akan menempel pada kaca dan mengurangi kinerjanya. Ketika wiper bekerja tidak optimal, tentu sangat mengganggu visibilitas ketika berkendara di saat hujan.

Jangan Aktifkan Rem Tangan

Ketika meninggalkan mobil di rumah, jangan lupa menon-aktifkan rem tangan. Apabila rem tangan diaktifkan, maka komponen rem akan terkena lembab. Selain itu, rem tangan juga akan macet. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kinerja pada piston dan rem cakram. Oleh karena itu, salah satu solusi saat mobil ditinggalkan adalah mengganjal ban mobil dengan batu.

Titipkan Kunci Mobil dengan Orang Terdekat

Hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi ketika meninggalkan mobil di rumah. Pemilik mobil bisa menitipkan kunci mobil ke orang terdekat sebelum pergi mudik. Jika terjadi banjir, kebakaran, atau musibah lain, mobil akan lebih mudah dipindahkan ke tempat yang aman.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas