Lakukan Spooring Setelah Ganti Kaki-Kaki Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 June 2022

Lakukan Spooring Setelah Ganti Kaki-Kaki Mobil

momobil.id – Ketika kaki-kaki mobil mulai bermasalah, penggantian komponen perlu dilakukan. Setelah melakukan penggantian kaki-kaki mobil, biasanya pemilik mobil langsung menyelesaikan perbaikan. Meskipun demikian, ada hal yang wajib dilakukan setelah melakukan penggantian. Pemilik mobil wajib melakukan spooring setelah ganti kaki-kaki mobil.

Spooring merupakan proses pelurusan kembali kedudukan empat ban. Proses ini bertujuan untuk menyelaraskan roda bagian depan, kanan, dan kiri. Spooring juga berguna menjaga stabilitas kendaraan, mulai dari setir yang ringan, menjaga gaya putar setelah belok, dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah dilepas. Dengan melakukan spooring, kendaraan akan menjadi lebih stabil dan aman ketika dipakai dalam kecepatan tinggi. Tanpa penyetelan yang pas, kendaraan tidak bisa bermanuver dengan akurat. Misalnya, kendaraan bisa saja bergerak menyamping meskipun ban sudah lurus.

Baca Juga: Ini Sebabnya Mengapa Mobil Perlu Melakukan Spooring dan Balancing

Workshop Head Nissan Sukabumi, Aditya Nugraha mengatakan bahwa spooring perlu dilakukan sesudah ganti kaki-kaki mobil. Ketika kaki-kaki mobil dibongkar, ada perubahan posisi saat teknisi melakukan pemasangan kembali. Hal ini bisa jadi mengubah data spooring dari suatu kendaraan.

“Sangat penting, karena saat melakukan pembongkaran kaki-kaki otomatis ada perubahan posisi pada saat pemasangan kembali, hal ini tidak menutup kemungkinan bisa mengubah data spooring pada suatu kendaraan,” ujar Adit dilansir dari Kompas.com.

Tanpa ada pembongkaran, setelan sudut pada sistem kemudi bisa mengalami pergeseran seiring dengan pemakaian. Dengan adanya pembongkaran, sudut-sudut pada kaki-kaki mobil tentu mudah bergeser. Komponen seperti shock absorber, cross member, link arm, maupun rack steer mudah bergeser ketika penggantian kaki-kaki. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk melakukan spooring sesudah melakukan penggantian kaki-kaki.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas