Lampu Indikator Menyala? Segera Periksa Kesehatan Mobil

Ditulis oleh : admin

21 May 2019

momobil.id - Pada bagian dashboard mobil di sisi pengemudi, terdapat layar multi information display (MID) yang menampilkan simbol-simbol indikator kesehatan mobil. Idealnya, semua lampu indikator tersebut mati ketika mesin dihidupkan.

Jika semua lampu indikator mati, maka tidak ada masalah pada mobil. Namun jika ada indikator yang tetap menyala saat mesin dihidupkan, pemilik mobil sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Informasi yang disajikan pada layar MID memang cukup beragam, tergantung dari tipe mobil yang dimiliki oleh konsumen. 

Biasanya, informasi umum yang ditampilkan seperti temperatur mesin, speedometer, fungsi aki, meteran bahan bakar, cek mesin, dan seatbelt. Namun tak semua pengemudi memahami informasi umum yang disajikan melalui simbol-simbol tersebut. Karena kurang memahami, hal ini membuat pengemudi kurang peduli ketika ada lampu indikator yang tetap menyala.

"Indikator pada panel instrumen mobil itu pada dasarnya adalah pengingat kepada pengemudi untuk melakukan pengecekan kembali dengan segera karena ada yang salah. Sehingga penting untuk memperhatikan itu dan segera dilakukan tindakan dengan membawanya ke bengkel," ujar Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosadi, seperti dilansir Kompas.com.

Jika informasi pada lampu indikator terus diabaikan, hal ini bisa berdampak pada kerusakan mesin mobil sehingga biaya perbaikan menjadi besar. Guna mengetahui arti dari tiap lampu indikator pada panel instrumen, pemilik mobil bisa membacanya di buku manual. 

Baca Juga: Mengapa sebaiknya mencopot stiker barcode di kaca mobil?

"Memang tergantung pada indikator yang menyala. Jika indikator oli, lakukan pengecekan dahulu apakah volume sesuai standar minimum atau tidak. Kalau memang tidak, ditambahkan dahulu dan segera dibawa ke bengkel," jelasnya.

"Kalau overheat, bisa lakukan penambahan coolant atau tunggu mesinnya dingin sebentar. Lalu bawa segera ke bengkel. Karena pada dasarnya dibawa ke bengkel, bukan dipaksakan jalan kembali karena dampaknya nanti bisa ke mesin," sambungnya.

Sumber gambar: IST

  • Featured Article

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More