Lampu Indikator Menyala? Segera Periksa Kesehatan Mobil

Ditulis oleh : admin | 21 May 2019

Lampu Indikator Menyala? Segera Periksa Kesehatan Mobil

momobil.id – Pada bagian dashboard mobil di sisi pengemudi, terdapat layar multi information display (MID) yang menampilkan simbol-simbol indikator kesehatan mobil. Idealnya, semua lampu indikator tersebut mati ketika mesin dihidupkan.

Jika semua lampu indikator mati, maka tidak ada masalah pada mobil. Namun jika ada indikator yang tetap menyala saat mesin dihidupkan, pemilik mobil sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Informasi yang disajikan pada layar MID memang cukup beragam, tergantung dari tipe mobil yang dimiliki oleh konsumen. 

Biasanya, informasi umum yang ditampilkan seperti temperatur mesin, speedometer, fungsi aki, meteran bahan bakar, cek mesin, dan seatbelt. Namun tak semua pengemudi memahami informasi umum yang disajikan melalui simbol-simbol tersebut. Karena kurang memahami, hal ini membuat pengemudi kurang peduli ketika ada lampu indikator yang tetap menyala.

“Indikator pada panel instrumen mobil itu pada dasarnya adalah pengingat kepada pengemudi untuk melakukan pengecekan kembali dengan segera karena ada yang salah. Sehingga penting untuk memperhatikan itu dan segera dilakukan tindakan dengan membawanya ke bengkel,” ujar Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosadi, seperti dilansir Kompas.com.

Jika informasi pada lampu indikator terus diabaikan, hal ini bisa berdampak pada kerusakan mesin mobil sehingga biaya perbaikan menjadi besar. Guna mengetahui arti dari tiap lampu indikator pada panel instrumen, pemilik mobil bisa membacanya di buku manual. 

Baca Juga: Mengapa sebaiknya mencopot stiker barcode di kaca mobil?

“Memang tergantung pada indikator yang menyala. Jika indikator oli, lakukan pengecekan dahulu apakah volume sesuai standar minimum atau tidak. Kalau memang tidak, ditambahkan dahulu dan segera dibawa ke bengkel,” jelasnya.

“Kalau overheat, bisa lakukan penambahan coolant atau tunggu mesinnya dingin sebentar. Lalu bawa segera ke bengkel. Karena pada dasarnya dibawa ke bengkel, bukan dipaksakan jalan kembali karena dampaknya nanti bisa ke mesin,” sambungnya.

Sumber gambar: IST


Kembali ke atas