Lampu Isyarat Kendaraan, Cara Mengemudi Mobil Untuk Berkomunikasi Antar Pengguna Jalan

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 15 October 2018

Lampu Isyarat Kendaraan, Cara Mengemudi Mobil Untuk Berkomunikasi Antar Pengguna Jalan

Tips Berkendara | Mobil Bekas

Mahir berkendara itu tidak hanya soal cara mengemudi mobil yang baik, namun juga bagaimana Anda mampu menggunakan berbagai lampu isyarat secara tepat sehingga dapat lancar berkomunikasi kepada sesama pengguna jalan. Agar tidak salah kaprah dan lancar berkendara, simak fungsi dan makna lampu isyarat mobil berikut, yuk!

Lampu dekat (low beam)

Fungsi utamanya adalah menerangi jalan sehingga wajib dinyalakan di malam hari, saat melewati terowongan, dan memasuki parkiran bawah tanah sehingga pengendara lain mengetahui keberadaan Anda. Pada siang hari, lampu utama juga dinyalakan oleh pengemudi yang tergabung dalam konvoi. Tujuannya untuk memudahkan road captain memantau rombongan pun memberitahu pengguna jalan lain.

Lampu jauh (high beam)

Nyalakan lampu jauh saat berkendara di jalan yang sepi dan minim penerangan. Perhatian dari pengendara lain juga bisa Anda dapatkan dengan “mengedipkan” lampu jauh (dim) sehingga menjadi tanda bahwa mobil Anda ingin mendapatkan prioritas.

Lampu Sein

Kedap-kedip lampu sein menjadi isyarat bahwa mobil Anda ingin belok ke kanan, ke kiri, atau berpindah jalur. Pastikan saja Anda menyalakan lampu sein sesuai arah belokan. Selain itu, lampu sein kanan juga bisa Anda gunakan bila ingin menyalip mobil di depan Anda.

Lampu Rem

Menyala tepat ketika Anda menginjak pedal rem sehingga kendaraan di belakang Anda dapat memperlambat laju kendaraan dan menjaga jarak.

Lampu Mundur

Pindahkan persneling mobil Anda pada posisi gigi mundur maka lampu mundur akan menyala secara otomatis. Ini adalah cara menginformasikan pengendara di belakang bahwa Anda ingin memundurkan mobil.

Lampu Hazard

Tekan tombol berlambang segitiga, maka lampu sein kanan dan kiri mobil Anda akan menyala dan berkedip secara bersamaan. Lampu hazard digunakan ketika mobil Anda berhenti akibat mengalami gangguan atau berada dalam kondisi darurat di pinggir jalan.

Selain lampu mobil, Anda juga bisa berkomunikasi dengan pengendara lain menggunakan klakson. Pastikan Anda menggunakan keduanya dengan bijak dan sesuai fungsinya agar tidak disalah-artikan oleh pengendara lain. Selamat berkendara!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas