Sebaiknya Jangan Nyalakan Lampu Kabin Ketika Mengemudi, Ini Sebabnya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 December 2021

Sebaiknya Jangan Nyalakan Lampu Kabin Ketika Mengemudi, Ini Sebabnya

momobil.id – Bagian interior mobil biasanya turut dilengkapi lampu kabin. Pada mobil dua baris, biasanya hanya ada satu lampu kabin di bagian depan. Sedangkan pada mobil tiga baris, biasanya ada dua lampu yakni di bagian depan dan tengah. Ada juga yang sampai ke baris ketiga.

Fungsi lampu kabin pada interior mobil ini yakni menerangi interior saat malam hari. Pada beberapa model mobil, lampu ini juga digunakan sebagai indikator jika ada pintu yang belum tertutup rapat sehingga pengemudi bisa mengecek dahulu sebelum memacu mobilnya.

Sedangkan fungsi lain lampu kabin yakni untuk melihat kondisi interior saat dalam situasi minim cahaya. Dengan begitu, pengemudi maupun penumpang bisa memanfaatkan lampu ini untuk mengambil atau mencari barang yang ada di mobil. Meski begitu, sebaiknya penggunaan lampu kabin ini dimanfaatkan saat mobil dalam kondisi diam.

Tak disarankan menyalakan lampu ini ketika mobil dalam kondisi berjalan di malam hari. Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, sebaiknya lampu kabin mobil tidak selalu dinyalakan ketika mengemudi pada malam hari demi alasan keselamatan.

“Pada malam hari keadaan di luar mobil lebih gelap, kemampuan pengelihatan keluar dapat terganggu karena adanya pantulan cahaya dari dalam mobil,” kata Sony seperti dilansir Kompas.com.

Lampu kabin yang menyala dapat memantul melalui permukaan interior mobil. Akibatnya mata akan terfokus pada area kabin daripada ke depan. Menurut dia, pada malam hari, pupil mata akan berubah ukurannya sesuai intensitas cahaya yang masuk. Saat lampu kabin dihidupkan, pupil akan mengecil dan membuat intensitas cahaya yang masuk lebih sedikit.

Tidak hanya itu, menurutnya membiarkan lampu kabin tidak menyala saat mengemudi pada malam hari juga jadi tindakan preventif agar terhindar dari potensi kejahatan. Sebab apabila lampu kabin menyala, semua yang ada di dalam kabin mudah terlihat dari sisi luar. Hal ini akan memudahkan pelaku kejahatan untuk memahami situasi dalam kabin.

Baca juga: Penasaran Mengapa Knalpot Mobil Nembak-nembak? Ternyata Ini Penyebabnya

Pancaran lampu kabin yang menyala juga membahayakan pengguna jalan lain pada malam hari. Saat mata pengemudi terfokus ke arah depan, dan melihat adanya mobil yang melaju berlawanan dengan kabin yang terang, konsentrasi bisa terpecah. Selain itu, jika menyalakan lampu kabin terus menerus akan berpengaruh pada aki yang beban kerjanya jadi lebih berat, walau hal tersebut akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas