7 Langkah Mudah Ganti Ban Mobil untuk Wanita

Ditulis oleh : admin | 3 July 2018

7 Langkah Mudah Ganti Ban Mobil untuk Wanita

Ganti Ban Mobil | Ganti Ban

momobil.id – Mengganti ban mobil cenderung dikerjakan kaum adam. Namun bagaimana dengan kaum hawa disaat berkendara sendiri dan mengalami insiden ban pecah? Tenang, Anda, perempuan, bisa kok ganti ban mobil sendiri. Berikut Momobil berikan tipsnya yang disarikan dari berbagai sumber.

Menepi Ketika Ban Pecah atau Kempes

Saat Anda merasa mobil mendadak oleng, kemungkinan ban mobil Anda pecah atau kempes. Saat merasakan hal tersebut, Anda harus segera menepi. Parkirkan mobil di tempat yang rata dan aman. Lalu, segera tarik rem tangan agar mobil tetap aman dan tidak melaju sendiri. Kemudian memulai langkah untuk ganti ban mobil.

Mengganjal Ban Mobil

Saat mobil Anda harus berhenti di medan yang curam dan diagonal, maka Anda bisa mengganjalnya dengan benda keras, seperti batu atau kayu. Segera nyalakan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman beberapa meter di belakang mobil. Ini bertujuan agar pengendara lain juga tahu bahwa mobil Anda sedang bermasalah.

Pakai Sarung Tangan untuk Ganti Ban Mobil

Sebelum memegang peralatan, pastikan Anda telah menggunakan sarung tangan. Baca buku manual mobil sebelum memulai membongkar ban. Biasanya, peralatan yang dibutuhkan untuk ganti ban mobil, antara lain ban cadangan, dongkrak, dan kunci roda.

Siapkan Semua Alat di Tempat yang Mudah Dijangkau

Saat Anda merasa tak cukup mampu mengangkat ban cadangan, Anda bisa mendorong atau menggelindingkannya. Lalu, buka penutup roda (bila ada), longgarkan baut roda, putar baut dengan kunci roda berlawanan dengan jarum jam. Jika Anda merasa terlalu berat, Anda bisa menginjak kunci untuk melonggarkan baut.

Memasang Dongkrak Mobil untuk Ganti Ban Mobil

Setelah baut ban longgar, Anda harus segera memasang dongrak mobil. Anda bisa memosisikan dongkrak di tempat sesuai dengan buku panduan manual agar tidak merusak mobil. Dongkrak mobil hingga roda terangkat dengan ketinggian yang pas untuk melepas dan memasang ban. Setelah roda terangkat, tugas Anda adalah melepas semua baut roda tadi dan meletakkan baut di tempat yang mudah terjangkau.

Menarik Ban Mobil untuk Dilepas

Lepas ban mobil segera setelah baut terlepas. Lalu, pasang ban cadangan di posisi tepat, lalu pasang kembali baut roda secara bersilangan. Anda bisa mengencangkan baut setelah Anda selesai dengan dongkrak.

Turunkan Dongkrak Roda Perlahan

Pelan-pelan saja saat Anda akan menurunkan dongkrak. Lakukan hingga dongkrak menyentuh tanah. Lalu, kencangkan baut roda dan putar searah jarum jam dengan pola bersilang. Pastikan pula ban telah terpasang dengan kuat. Letakkan ban rusak ke tempatnya sebelum Anda mulai berkendara. Selamat mencoba ganti ban mobil, ladies!

Oleh : Dwi Septi

Foto : Istimewa


Kembali ke atas