Langkah Mudah Mengganti Aki Mobil yang Benar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 May 2022

Langkah Mudah Mengganti Aki Mobil yang Benar

momobil.id – Aki mobil adalah komponen krusial pada sistem kelistrikan mobil. Jika aki soak, maka kelistrikan mobil akan terganggu. Aki yang sudah tidak berfungsi dengan normal harus diganti dengan yang baru. Pemasangan aki mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengganti aki mobil. Ketika pemasangan aki tidak tepat, aki mobil tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan bisa mengakibatkan korsleting. Berikut ini adalah cara mengganti aki yang aman dan benar.

Melepas Aki Mobil

Langkah utama penggantian aki mobil adalah melepas aki lama. Sebelum melepas aki, siapkan terlebih dahulu kunci pas, dan usahakan posisi mesin dalam keadaan mati. Supaya lebih aman, lepaslah kabel, baut, dan klem pada bagian kutub negatif terlebih dahulu. Kemudian, lanjutkan dengan bagian kutub positif. Kutub negatif dicabut terlebih dahulu agar aki dapat memutuskan aliran listrik pada bodi mobil. Setelah mencabut kutub negatif dan positif, angkatlah aki secara tegak lurus agar cairan aki tidak tumpah.

Bersihkan Area Bawah Aki

Jika mobil menggunakan aki basah sebelumnya, biasanya bagian bawah aki terdapat residu berwarna putih. Sebelum memasang aki baru, bersihkan terlebih dahulu bagian area bawah aki. Bersihkan dengan sikat kawat halus atau sikat gigi. Selain itu, bersihkan juga bagian kabel dan klem aki yang berkarat.

Baca Juga: Apa Akibatnya Jika Gunakan Air Hujan Sebagai Cairan Aki Mobil?

Memasang Aki Mobil

Langkah memasang aki baru adalah kebalikan dari melepas aki lama. Pasanglah aki bagian kutub positif terlebih dahulu. Pastikan kutub positif sudah terpasang kencang, lalu dilanjutkan dengan pemasangan kutub negatif. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya percikan api pada kutub positif ketika memasang kutub negatif terlebih dahulu. Setelah kedua kutub terpasang, pemilik mobil harus memastikan kabel dan klem sudah terkunci dengan sempurna. Setelah itu, nyalakan mesin mobil dan diamkan selama 10 menit agar pengisian aki lebih maksimal.

Mengganti Aki Mobil Injeksi

Penggantian aki mobil injeksi membutuhkan penanganan yang berbeda dibandingkan dengan aki biasa. Pemilik mobil harus mempersiapkan kabel jumper terlebih dahulu dan mempersiapkan aki cadangan yang menjadi sumber tenaga ketika aki lama hendak dilepas. Pasanglah kabel jumper pada kutub positif aki lama dan kutub positif berwarna merah pada aki cadangan, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan kabel jumper pada kutub negatif aki lama dan kutub negatif bagian bodi mobil (kap mesin atau fender). Setelah itu, lepaslah kepala aki secara perlahan.

Sebelum memasang aki baru, bersihkan bagian bawah dan periksa apakah ada keropos pada bagian dek bawah aki lama. Kemudian pasanglah aki baru. Kencangkan mur atau kepala aki pada kedua kutub. Usahakan untuk mengencangkan bagian kutub positif terlebih dahulu, lalu kencangkan kutub negatif. Setelah aki baru terpasang dengan benar, pemilik mobil melepas kabel jumper. Usahakan untuk melepas kabel jumper berwarna hitam atau negatif terlebih dahulu yang menempel pada bodi. Setelah itu, lepas kabel jumper hitam (negatif) yang menempel pada aki mobil. Lepaslah kabel jumper berwarna merah (positif) yang menempel pada aki, kemudian kabel jumper warna merah pada aki cadangan.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas