Pabriknya Sama, Lebih Banyak Produksi Toyota Calya atau Daihatsu Sigra?

Ditulis oleh : Helen Birgitta

26 September 2019

Pabriknya Sama, Lebih Banyak Produksi Toyota Calya atau Daihatsu Sigra?

momobil.id – Sudah sejak lama, Toyota dan Daihatsu menjadi brand mobil yang menghasilkan produk mobil kolaborasi. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan hasil salah satu produk mobil kembar kolaborasi kedua brand tersebut yang lahir dari pabrik yang sama. Mobil kembar ini masuk kedalam kategori low cost green car atau LCGC,  dan memiliki bangku tiga baris.

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra lahir dari fasilitas produksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Hal ini menjadi bagian strategi Toyota Group yang memberikan tanggung jawab lebih besar pada Daihatsu untuk menghasilkan mobil berdesain kompak di Indonesia.

Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran ADM mengatakan baik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat. “Permintaan pasar menjadi tolok ukur dalam pembagian produknya. Misalnya kalau Calya yang lagi banyak, kami akan kasih produksi untuk Calya, tinggal menunggu respon masyarakat untuk memilih. Kami ikut saja, tidak ada masalah,” ucap Amelia.

Dalam kesempatan tersebut, Amel juga mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan distribusi unit Sigra terbaru yang hadir dalam versi facelift ke diler-diler resmi Daihatsu di Indonesia. Oleh karena itu, konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan unit New Sigra yang memiliki fitur dan tampilan baru.

Baca Juga: Toyota Calya facelift kebanjiran fitur, lebih banyak di varian G

Lanjutnya, walaupun diproduksi dengan tambahan fitur dan dibuat lebih bergaya, target penjualannya ternyata tidak mengalami peningkatan. Berbeda dengan PT Toyota Astra Motor, pihaknya memiliki target penjualan menjadi lima ribu unit untuk Calya.

“Kami masih mempertahankan target penjualannya di level empat ribu unit per bulan untuk Daihatasu Sigra baru. Hal ini mempunyai alasan, karena pasar mobil sedang tidak bagus, makanya tidak ada kenaikan,” jelasnya.

Adapun sebelumnya baik TAM maupun ADM telah memperkenalkan versi facelift dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Toyota Calya facelift mengusung lebih banyak fitur dibanding versi sebelumnya, terutama pada varian G. Sedangkan Daihatsu Sigra hanya mengalami sedikit sentuhan peremajaan pada versi facelift kali ini, dan ditawarkan dalam sepuluh varian.

Sumber gambar: autotekno.sindonews

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas