Lebih Efisien Kelola Bahan Bakar, Honda Pamerkan CR-V PHEV

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 2 October 2020

Lebih Efisien Kelola Bahan Bakar, Honda Pamerkan CR-V PHEV

momobil.id – Salah satu mobil menarik yang dipamerkan dalam pameran otomotif yang berlangsung di Tiongkok adalah kehadiran Honda CR-V PHEV. Mobil ini menjadi mobil Honda pertama di Tiongkok yang mengusung sistem plug-in hybrid alias PHEV.

Seperti dilansir Kompas.com yang mengutip Honda Global, mobil elektrifikasi ini rencananya akan dijual secara massal mulai Januari 2021. CR-V PHEV bakal mengusung dapur pacu hybrid generasi terbaru buatan Honda.

Sistem yang diberi nama Sport Hybrid i-MMD dengan dua motor listrik ini diklaim memberikan rasa berkendara paling mirip dengan electric vehicle. Di mana semua area berkendara sehari-hari, termasuk kinerja mengemudi, respons tenaga, dan keheningannya identik dengan mobil listrik. Sejauh ini Honda belum mengumumkan secara resmi detail spesifikasi yang diusung CR-V PHEV. Namun menurut laporan Auto Home, mobil ini diklaim sangat efisien dalam mengolah BBM.

Kabarnya CR-V PHEV memiliki catatan konsumsi bahan bakar 1,1 liter per 100 kilometer atau sekitar 90,9 km per liter. Dengan kehadiran medium SUV ramah lingkungan ini menjadi salah satu strategi untuk merebut pasar mobil listrik di Tiongkok. Untuk diketahui, sebelumnya Honda sudah memiliki CR-V Hybrid yang mengusung mesin Atkinson-cycle berkapasitas 2.000 cc 4-silinder untuk pasar Amerika Serikat.

Kombinasi mesin bensin dan motor listrik ini menghasilkan tenaga sebesar 212 tk dan torsi maksimal 315 Nm. Sementara di Indonesia, PT Honda Prospect Motor menjual CR-V dalam dua pilihan dapur pacu. Pertama mesin 2.000 cc bertenaga 152 tk dengan transmisi CVT yang dihargai Rp463,9 juta. Mesin berikutnya, yakni 1.500 cc turbo yang dibanderol Rp498,4 juta untuk varian 1.5-liter Turbo dan Rp539,4 juta untuk varian Prestige.

Baca juga: Hindari Mengisi Bahan Bakar ketika Hujan dan Angin Kencang

Adapun di pasar Thailand, Honda pertama kali meluncurkan CR-V facelift di Bangkok International Motor Show untuk pasar ASEAN. Honda CR-V di Thailand ditawarkan dengan mesin 2.400 cc non-turbo i-VTEC empat silinder. Mesin bensin itu memiliki tenaga maksimal hingga 173 PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 224 Nm pada 4.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Di negeri itu, Honda juga menawarkan CR-V dengan mesin turbodiesel 1.600 cc bertenaga maksimal 160 PS pada 4.000 rpm dan torsi maksimal 350 Nm pada 2.000 rpm. Pilihan mesin diesel itu dipasangkan dengan transmisi otomatis 9 percepatan dengan paddle shifter. Sementara mesin 1.500 cc turbo seperti yang dijual di Indonesia tidak ditawarkan di Thailand.


Kembali ke atas