Sederet Fitur Canggih Suzuki XL7 Hybrid: Smart e-Mirror Hingga Teknologi ESP

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 May 2024

Sederet Fitur Canggih Suzuki XL7 Hybrid: Smart e-Mirror Hingga Teknologi ESP

momobil.id – Suzuki XL7 Hybrid merupakan salah satu model hybrid yang memiliki banderol harga relatif terjangkau. Meski begitu, Suzuki XL7 Hybrid juga sudah dibenamkan sederet fitur canggih untuk kenyamanan penggunanya.

Pertama kali diperkenalkan pada Juni 2023, Suzuki XL7 Hybrid masih menggendong mesin yang sama seperti varian konvensionalnya. XL7 Hybrid menggunakan mesin K15B 4-silinder berkapasitas 1.462 cc yang mampu memuntahkan tenaga 103,3 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138Nm pada 4.400 rpm.

Karena merupakan mobil hybrid, kendaraan ini dibekali teknologi SHVS yang dipasangkan dengan baterai lithium-ion 10Ah dan Integrated Starter Generator (ISG).

Kapasitas baterainya lebih besar dari Ertiga Hybrid yang hanya 6Ah. Namun tak terlihat perbedaan dimensinya. Peletakan baterainya juga masih berada di bawah jok penumpang depan.

Sebagai informasi, teknologi hybrid pada mobil ini tak membuat mesin menjadi lebih bertenaga. Namun lebih pada peran menyumbang bantuan tenaga untuk akselerasi yang lebih responsif.

Fitur canggih Suzuki XL7 Hybrid

Dengan spesifikasi seperti yang disebutkan di atas, Suzuki XL7 Hybrid masih dibekali deretan fitur canggih yang menambah kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Pertama, ada fitur Engine auto start-stop yang membuat mesin mobil mati sendiri ketika berhenti di lampu merah atau saat macet sehingga konsumsi BBM menjadi lebih irit.

Mesin akan kembali hidup ketika pengemudi menginjak pedal rem untuk tipe matic. Sedangkan untuk transmisi manual, mesinnya akan hidup jika menginjak pedal kopling.

Meski mesin mobil mati, berbagai sistem kelistrikan di dalam XL7 Hybrid tetap hidup. Misalnya sistem AC, audio, power window, dan lampu.

Fitur kedua adalah Electronic Stability Programme (ESP). Fitur ini berfungsi menjaga transisi roda ketika menambah kecepatan. ESP juga bisa dimanfaatkan ketika sedang melintasi jalanan yang licin.

Jika ada roda yang tergelincir, maka sistem ESP akan mendeteksinya. Selanjutnya, torsi mobil akan secara otomatis memilih fungsi rem sehingga pengemudi lebih terbantu saat mengendalikan mobil.

Fitur ketiga yakni Smart e-Mirror yang teletak pada spion tengah mobil. Spion tengah pada Suzuki XL7 Hybrid merupakan kaca layar sentuh yang dibekali kamera untuk merekam kondisi di sekitar baik di dalam maupun luar mobil. Aktivitas suara juga bisa terekam lewat kamera ini.

Fitur keempat yakni Hill Hold Control yang bisa dimanfaatkan pengemudi ketika melewati jalan menanjak. Ketika mobil melaju di jalan menanjak, sistem ini akan mencegah kendaraan mundur selama sekitar dua detik.

Dengan begitu, pengguna punya sedikit waktu untuk memindahkan kakinya dari pedal rem ke gas tanpa harus khawatir mobilnya mundur ketika melintasi jalan menanjak.

Fitur kelima adalah SRS Airbag System yang terletak di bagian depan kabin. Fungsi dari fitur yang satu ini yaitu untuk menjaga penumpang dan pengemudi jika terjadi tabrakan di bagian depan. Dengan adanya airbag, maka kepala dan tubuh tidak akan langsung terbentur.

Baca juga: Spesifikasi Suzuki Swift Generasi Terbaru yang Mengaspal di India, Harga Setara LCGC

Harga Suzuki XL7 Hybrid

Saat ini, Suzuki XL7 reguler hanya tersedia tipe Zeta yang terdiri dari opsi transmisi manual atau matic.

Sedangkan Suzuki XL7 Hybrid tersedia pada tipe Beta dan Alpha yang masing-mamsing juga terdiri dari pilihan transmisi matic atau manual. Berikut daftar harga Suzuki XL7 Hybrid per Mei 2024.

  • New XL7 Hybrid Beta MT – Rp287.200.000
  • New XL7 Hybrid Beta AT – Rp298.200.000
  • New XL7 Hybrid Alpha MT – Rp297.200.000
  • New XL7 Hybrid ALpha AT – Rp308.200.000

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas