Lima Fungsi Penting Kaca Spion ketika Mengendarai Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 14 July 2020

Lima Fungsi Penting Kaca Spion ketika Mengendarai Mobil

momobil.id – Meski ukurannya tidak besar, kaca spion mobil memiliki fungsi yang amat penting ketika sedang berkendara. Hingga saat ini, kaca spion merupakan komponen yang wajib dimiliki oleh sebuah kendaraan bermotor.

Ada beberapa alasan mengapa kaca spion wajib ada di setiap kendaraan bermotor termasuk mobil. Berikut beberapa fungsi kaca spion yang bisa membantu pengendara mobil seperti dilansir laman resmi Toyota.

Baca juga: Kecil-kecil Cabe Rawit, Ini Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Hongguang Mini EV

Mengurangi area blind spot

Manusia memiliki keterbatasan daya pandang, terutama untuk bagian belakang. Memang kamu bisa menoleh ke belakang, namun untuk itu butuh waktu dan tidak bisa meng-cover seluruh area. Kaca spion dibuat untuk memudahkan kamu melihat area belakang mobil yang tidak bisa dipantau. Itu pun dengan catatan, tetap tidak semua sudut di belakang mobil bisa dilihat melalui kaca spion.

Membantu pindah jalur

Saat akan pindah jalur, maka pengemudi wajib melihat spion. Dengan melihat spion, maka hal ini akan meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan akibat berpindah jalur.

Membantu parkir

Banyak kejadian pengemudi yang mengalami tabrakan atau senggolan ketika parkir karena tidak memanfaatkan spion. Karena itu, kaca spion sangat penting fungsinya untuk manuver pada saat parkir kendaraan, termasuk parkir mundur atau paralel.

Melihat lalu lintas di belakang

Terkadang, mengetahui kondisi lalu lintas di belakang kendaraan juga sangat penting. Dengan melihat kondisi lalu lintas di belakang, kamu bisa tahu apakah posisi kendaraan yang kamu kemudikan menghalangi kendaraan lainnya. Termasuk memantau pergerakan mobil di belakang, seperti saat mereka ingin menyalip.

Memastikan posisi kendaraan

Terkadang pada kendaraan roda empat, tak semua orang bisa langsung memastikan apakah kendaraannya terlalu dekat dengan sebuah benda atau kendaraan lain. Agar bisa mengetahui apakah kendaraan kamu terlalu mepet atau tidak, maka bisa melihat bagian sisi kendaraan dengan memanfaatkan kaca spion.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas