Lima Model Mobil Bekas yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2020

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 January 2021

Lima Model Mobil Bekas yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2020

momobil.id – Selama pandemi COVID-19, mobil bekas ternyata menjadi pilihan banyak orang untuk bermobilitas guna mengurangi risiko penularan virus tersebut selama dalam perjalanan. Lalu, apa saja mobil bekas paling dicari selama tahun 2020?

Berdasarkan studi pasar mobil bekas sepanjang 2020 bertajuk ‘Used Cars Industry Behavior Shift’ yang dirilis oleh OLX Autos Indonesia, mobil asal Jepang masih menjadi favorit para pelanggan mobil bekas di Indonesia. Studi OLX Autos Indonesia ini melibatkan 1.474 responden. Mereka terdiri atas pembeli sebanyak 578 orang, penjual individu 748, dan diler 148.

Seperti dilansir Liputan6.com, terdapat lima model yang menjadi mobil bekas paling dicari sepanjang 2020, yaitu Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, Honda Jazz, Daihatsu Xenia, dan Honda Brio.

Tiga mobil bekas terlaris adalah multipurpose vehicle (MPV), tentu saja dimensi atau ruang kabin yang lapang menjadi daya tarik pelanggan mobil bekas untuk bepergian bersama keluarga dan menjaga keamanan kala pandemi.

Studi ini juga memperlihatkan lima tren pelanggan mobil bekas selama 2020. Contohnya saja tren keinginan memiliki mobil meningkat 52 persen, sebelumnya hanya 22 persen saat awal pandemi.

Baca juga: Toyota Siapkan Beberapa Model Mobil Listrik untuk Pasar Indonesia

Tren lainnya adalah adanya peningkatan penggunaan mobil di keseharian pengguna. Sebanyak 42 persen responden menyatakan saat ini menggunakan mobil pribadi untuk kegiatan sehari-hari dibandingkan masa awal pandemi yang hanya 33 persen.

Faktor keamanan menjadi alasan pengguna dalam memilih mobil. Namun di sisi lain, para pengguna pun cukup kesulitan ketika ingin membeli mobil secara kredit karena pihak diler pun mengalami tantangan dalam jual-beli mobil di tahun pandemi ini.

Sementara itu, PT JBA Indonesia mencatat penjualan kendaraan bekas telah mencapai 100.000 unit. Terhitung sejak Januari hingga 10 Desember 2020, penjualan mobil bekas mencapai 40.000 unit dan motor bekas 60.000 unit.

Seperti dilansir Kompas.com, jumlah kendaraan bekas yang berhasil dilelang PT JBA Indonesia mencapai lebih dari 200.000 unit. Selain itu, tren pembelian kendaraan bekas juga melonjak hingga 75 persen dibandingkan tahun 2019.

Berbeda dengan tren penjualan mobil bekas. Angka pembelian mobil baru justru menurun cukup signifikan dibandingkan tahun 2019. Berdasarkan data Gaikindo, lima merek mobil terlaris di Indonesia, yaitu Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi, mencatatkan penurunan penjualan hingga lebih dari 50 persen per bulan Oktober 2019, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.


Kembali ke atas