Lima Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Pertama

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 23 April 2020

Lima Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Pertama

momobil.id – Ketika memutuskan akan membeli mobil pertama, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak merugi. Calon pembeli perlu mengetahui beberapa tips membeli mobil pertama guna mengurangi rasa bingung ketika menentukan pilihan unit mana yang akan dibeli.

Dengan mempertimbangkan beberapa tips membeli mobil pertama maka calon pembeli akan memahami secara pasti apa tujuannya membeli kendaraan roda empat tersebut. Berikut beberapa tips membeli mobil pertama yang bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Mobil Penyok Ringan Tanpa ke Bengkel

Tentukan kegunaan utama mobil

Setiap orang mungkin memiliki kebutuhan berbeda akan kendaraan roda empat. Bagi yang sudah berkeluarga, butuh mobil yang bisa mengangkut banyak orang dan barang belanjaan. Karena itu, mobil di kelas low MPV atau MPV bisa menjadi solusinya. Namun jika calon pembeli belum berkeluarga, maka pilihannya bisa lebih beragam. Jika mencari yang tampilannya gagah, bisa memilih mobil di kelas SUV.

Harga dan biaya kepemilikan

Setelah menentukan pilihan mobil jenis apa yang akan dibeli, cek berapa harga mobil itu dan kisaran biaya kepemilikannya. Seandainya mobil yang akan dibeli seharga Rp200 jutaan, cek juga besaran biaya kepemilikan seperti ongkos perawatan berkala da pajak tahunan. Pastikan biaya kepemilikan ini tak membebani kondisi keuangan agar tidak terasa berat merawat mobil.

Ketersediaan suku cadang

Ketika melakukan perawatan berkala, pasti ada suku cadang yang harus diganti seiring usia pemakaian. Karena itu, ketika membeli mobil, pertimbangkan apakah suku cadangnya mudah didapatkan. Faktor harga suku cadang juga bisa dipertimbangkan jika ingin mencari mobil yang suku cadang resminya cukup terjangkau.

Lakukan test drive

Tanpa mencoba langsung, agak sulit menilai apakah suatu mobil memang nyaman dikendarai atau hanya terlihat nyaman. Karena terkait kenyamanan di kabin mobil, perlu merasakannya langsung seperti keras atau tidaknya suspensi, kenyamanan jok mengemudi, tingkat kesejukan AC, hingga mencoba fitur-fitur di mobil tersebut.

Sebaiknya beli mobil baru

Jika calon pembeli masih awam mengenai mobil ketika hendak membeli mobil pertama, maka sebaiknya membeli mobil baru. Dengan membeli mobil baru, unit yang diterima sudah pasti masih prima dan surat-suratnya juga sudah pasti lengkap. Intinya, pembeli tinggal pakai. Seiring masa pakai, pembeli bisa mempelajari perawatan mobil dan masalah yang mungkin timbul di bengkel resmi karena mobil baru masih bergaransi.


Kembali ke atas