Lima Tips Memilih Mobil Bekas agar Mendapat Unit yang Bagus

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 2 August 2020

Lima Tips Memilih Mobil Bekas agar Mendapat Unit yang Bagus

momobil.id – Bagi sebagian orang, ada rasa kepuasan tersendiri saat membeli mobil bekas. Salah satu keuntungannya yakni bisa mendapatkan mobil dengan kondisi prima atau hampir seperti baru, namun dengan harga yang lebih murah. Agar bisa mendapatkan unit yang bagus dengan harga lebih murah, ada beberapa tips memilih mobil bekas yang bisa dicoba ketika berburu mobil impian.

Jika sudah mendapatkan beberapa pilihan mobil bekas sesuai selera, calon pembeli sebaiknya tak langsung melakukan transaksi sebelum memeriksa kondisi fisik maupun kelengkapan surat-surat mobil.

Membeli mobil, sekalipun mobil bekas, merupakan rencana yang perlu dipertimbangkan mengingat biaya yang dikeluarkan cukup besar. Maka, harus dipertimbangkan kondisi mobil yang akan dibeli, baik dari segi fisik maupun kelengkapan suratnya. Berikut tips memilih mobil bekas agar bisa mendapatkan unit yang prima dan jelas legalitasnya.

Baca juga: Membeli Mobil Bekas, Pilih Transmisi Matic atau Manual?

Kondisi mesin

Hal paling penting yang perlu diperhatikan sebagai cara memilih mobil bekas adalah kondisi mesin dari mobil itu sendiri. Buka kap mesin mobil dan perhatikan sekeliling ruang mesin. Pastikan kondisi fisik mesin terlihat baik dan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar lainnya. Hal ini perlu diperhatikan secara detail apakah ada rembesan oli atau cairan lainnya yang dapat berpotensi mengalami kerusakan.

Lampu indikator dan speedometer

Dalam cara memilih mobil bekas, ketelitian tingkat tinggi sangat dibutuhkan agar memperoleh mobil bekas berkualitas baik. Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah lampu indikator luar dan dalam serta petunjuk speedometer. Pastikan setiap lampu indikator yang ada pada mobil menyala dan speedometer berjalan dengan baik.

Gas buang knalpot

Segala proses berjalannya mesin dapat terlihat dari gas pembuangan di knalpot. Sangat mudah untuk membedakan apakah gas pembuangan dari knalpot baik atau buruk. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah apabila gas asap dari knalpot berwarna hitam, maka proses pembakaran bensin tidak sempurna

Cek nomor rangka dan mesin

Ini merupakan hal penting guna menjamin legalitas mobil tersebut. Nomor rangka dan nomor mesin sudah seharusnya sesuai dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Namun jika nomor rangka dan nomor mesin tak sesuai dengan yang tertulis di BPKB atau STNK, maka lebih baik batalkan niat melakukan transaksi. Jika sesuai namun terdapat bekas-bekas las pada nomor rangka, sebaiknya juga batalkan niat membelinya. Hal ini karena dikhawatirkan mobil tersebut merupakan mobil curian.

Lakukan test drive

Jika tak ada masalah di bagian mesin maupun kelengkapan surat, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah test drive. Tahap ini juga penting dilakukan untuk merasakan sendiri performa mobil yang akan dibeli. Calon pembeli juga bisa memperhatikan suara mesin, kenyamanan kabin, kelancaran transmisi, dan performa rem. Selain itu, cek juga kondisi AC dan juga suara saat pertama kali mobil dinyalakan.



Kembali ke atas