Mabuk Perjalanan Ketika di Dalam Mobil, Apa Penyebabnya?

Ditulis oleh : Helen Birgitta

12 Sep 2019

momobil.id - Menggunakan mobil sebagai alat transportasi memang lebih nyaman bagi pengendara karena bisa menghindari guyuran air hujan atau teriknya paparan sinar matahari. Meski begitu, banyak orang yang tidak bisa berlama-lama di dalam mobil. Beberapa di antaranya ada yang merasa pusing dan mual atau biasa disebut mabuk kendaraan. Lalu, apa sih yang menjadi penyebab seseorang mabuk perjalanan?

Dikutip dari hellosehat.com, mabuk ini bisa dialami oleh siapa saja terutama oleh anak-anak dan wanita hamil. Penyebab mabuk perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam.

Ketika kita berada di kendaraan yang bergerak, tubuh kamu tengah dalam posisi duduk atau tidak bergerak. Namun mata dan telinga melihat sekitar selama perjalanan. Hal ini dinamakan motion sickness karena penglihatan dan pendengaran bergerak, tetapi tubuh sebenarnya diam.

Tubuh yang tidak terbiasa dengan kondisi ini akan mengirim sinyal ke otak. Bagian otak bernama thalamus akan mencari informasi apa yang salah dengan tubuh. Setelah mendapatkan kesimpulan dari tubuh, biasanya berakhir dengan kesimpulan bahwa tubuh keracunan. Otak akan bereaksi menghilangkan racun dari tubuh dengan cara muntah atau setidaknya mengirim reaksi mual dan pusing.

Penyebab mabuk perjalanan juga bisa dipicu atau diperburuk oleh bau menyengat, seperti asap rokok atau pewangi kendaraan. Karena selama perjalanan tidak bisa bergerak atau menghindarinya, maka tubuh yang terkena bau akan bereaksi menolak. Reaksi tubuh biasanya terjadi ketika mual dan pusing meningkat.

Di dunia medis, kencenderungan mual atau mabuk kendaraan bisa dicegah dengan mengonsumsi obat atau pil yang mengandung dimenhidrinat. Namun tentu tidak dianjurkan mengkonsumsi obat atau pil dalam jangka panjang. Jika tidak ingin mengonsumsi obat atau pil, bisa membiasakan diri dengan makan telebih dahulu sebelum melakukan perjalanan karena rasa mual saat perjalanan dapat disebabkan perut yang kosong.

Perut kosong bisa meningkatkan asam lambung naik dan menyebabkan rasa mual. Karena itu, satu jam atau 1,5 jam sebelumnya, sebaiknya konsumsi makanan sebelum bepergian. Selain itu, hindari makanan berminyak, makanan pedas dan minuman bersoda yang akan membuat mual dan pusing menjadi lebih buruk selama perjalanan.

Hindari juga bermain gadget atau membaca buku secara berlebihan karena dapat membuat mata, telinga dan otak kacau saat mencerna informasi. Istirahat yang cukup agar tubuh lebih segar dan terhindar dari mabuk perjalanan.

Sumber gambar: health.detik

  • Auto Lifestyle (Display)
  • Mobil
  • mabuk perjalanan
  • mabuk kendaraan
  • penyebab mabuk perjalanan

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA UTARA

2015
Otomatis

175 juta

MEDAN

2015
Otomatis

82 juta

MEDAN

2015
Manual

142 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More