Mall Dibuka Kembali, Ini Tips Aman Memarkir Mobil di Basement

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 June 2020

Mall Dibuka Kembali, Ini Tips Aman Memarkir Mobil di Basement

momobil.id – Pandemi Corona membuat Mall di Jakarta dan daerah sekitarnya sempat tutup. Mulai tanggal 15 Juni, beberapa mall di Jakarta mulai dibuka kembali dan beroperasi sesuai standar kesehatan. Para pengunjung mall tetap wajib menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus. Bagi yang berniat untuk berbelanja di mall, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama pada saat hendak memarkir mobil di basement. Berikut adalah tips memarkir mobil yang aman di basement.

Jalankan Mobil Secara Perlahan

Saat berada di basement parkir, jalankan mobil secara perlahan. Lantai basement pada umumnya menggunakan bahan beton cor halus atau keramik yang licin. Hal ini tentunya untuk mencegah mobil tergelincir. Selain itu, tempat parkir basement memiliki penerangan yang kurang. Dengan jalan perlahan, pengemudi dapat lebih mudah mengerem mobil ketika ada halangan di depan. Halangan dalam tempat parkir basement biasanya adalah mobil yang tiba-tiba keluar dari tempat parkir dan orang yang berjalan.

Penerangan yang Pas

Ketika hendak memasuki lahan parkir basement, pengendara disarankan untuk menyalahkan lampu mobil. Pengemudi minimal menyalahkan lampu kecil saat mengendarai di tempat parkir basement. Hal ini dapat membantu pengendara untuk melihat adanya pengendara lain, dan lingkungan disekitar lahan parkir, karena penerangan basement biasanya redup. Selain itu, pengemudi disarankan untuk membuka kaca mobil sebelah kanan dan kiri agar mendapatkan pandangan yang lebih jelas pada kaca spion.

Hindari Parkir dekat Tikungan atau Ramp

Salah satu hal yang perlu dihindari saat memarkir mobil di basement adalah parkir dekat tikungan dan ramp. Hal ini mencegah mobil terkena kecelakaan, karena lantai basemen yang licin bisa saja membuat mobil melintir saat menikung.

Baca Juga : Awas Limbung! Ini Efek Negatif Ban Kelebihan Tekanan Angin

Matikan Radio atau Pemutar Musik

Pengemudi membutuhkan konsentrasi saat menyetir. Hal ini juga berlaku di dalam parkiran basement. Pengemudi membutuhkan konsentrasi lebih ketika hendak memarkir mobil di parkiran basement, terlebih jika parkiran berukuran sempit. Oleh karena itu, matikan audio atau head unit agar dapat meningkatkan konsentrasi. Selain itu, pengemudi juga dapat lebih mudah mendengarkan aba-aba juru parkir saat hendak memarkir mobil.

Foto Lokasi Parkir

Parkir basement kadang membingungkan bagi sebagian orang. Terlebih jika memarkirkan mobil di pakiran basement yang luas. Seringkali orang lupa tempat memarkirkan mobil mereka. Pengemudi disarankan untuk foto lokasi parkir mobil agar tidak kebingungan saat kembali ke mobil. Biasanya di tempat parkir terdapat kode area yang tertulis di dinding. Foto kode dan lokasi parkir tersebut agar tidak lupa tempat memarkirkan mobil.

Sumber gambar: travel.detik.com


Kembali ke atas