Gak Cuma Bikin Kinclong, Ini Manfaat Melakukan Semir Ban

Ditulis oleh : admin | 14 June 2022

Gak Cuma Bikin Kinclong, Ini Manfaat Melakukan Semir Ban

momobil.id – Agar penampilan mobil tetap kinclong, ada berbagai cara yang dilakukan oleh pengemudi. Salah satu bagian yang tidak luput menjadi perhatian pemilik mobil adalah ban. Semir ban seringkali digunakan untuk membuat ban terlihat klimis dan kinclong. Meskipun demikian, semir ban memiliki manfaat lain yang berkaitan dengan perawatan mobil.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan bahwa cairan semir ban dapat melindungi ban mobil dari keretakan dinding ban atau ozon crack.

“Seperti manusia, kalau pakai semir rambut apa yang terjadi? Rambut jadi lebih hitam dan mudah diatur. Itu dari sisi lainnya, tapi semir juga bisa mencegah ozon crack,” ujar Zulpata, dilansir dari Kompas.com

Baca Juga: Merek Ban Depan dan Belakang Tak Sama, Amankah Menggunakan Ban Mobil Beda Merek?

Keretakan pada ban biasanya digambarkan dengan istilah ozon crack. Istilah ini sering digunakan pada barang yang terbuat dari karet, seperti selang gas, gasket, dan lainnya. Keretakan pada ban biasanya terjadi akibat terpapar gas O3 dalam jangka waktu tertentu. Ban akan memutus senyawa di dalamnya, dan mengakibatkan keretakan pada dinding.

Semir ban biasanya terbuat dari basis silikon, sehingga dapat mencegah keretakan pada ban. Selain itu, bahan berbasis silikon ini membuat ban terlihat lebih hitam dan kinclong. Meskipun semir ban memiliki manfaat lain, pemilik mobil harus berhati-hati saat memilih semir ban. Jika ingin menggunakan semir ban, gunakan produk dari merek yang jelas. Usahakan produk sudah terdaftar, dan jelas nama produsen dan distributornya. Hindari membeli semir ban yang dijual di botolan atau eceran, karena konsumen tidak tahu apa kandungan di dalamnya. Selain itu, pemilik mobil juga harus memperhatikan komposisi bahan pembuat dari semir ban.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas