Bukan Sekedar Hiasan, Ini Manfaat Spoiler pada City Car

Ditulis oleh : admin | 24 January 2022

Bukan Sekedar Hiasan, Ini Manfaat Spoiler pada City Car

momobil.id – Sebagian orang melakukan modifikasi eksterior agar mobil tampak lebih keren dan sporty. Biasanya, bagian yang sering dimodifikasi adalah bumper depan belakang, skirt samping, dan spoiler mobil. Agar tampilan mobil terlihat lebih keren, pemasangan spoiler biasanya dilakukan. Sebagian dari mobil kecil atau city car menggunakan spoiler pada bagian belakang. Namun, apa manfaat dari penggunaan spoiler pada mobil city car?

Spoiler pada city car biasanya memiliki bentuk yang pipih dan terpasang pada pintu bagasi atau pintu belakang. Komponen akesoris ini memang terlihat sporty dan keren. Namun dibalik fungsinya untuk menambah esttika, spoiler pada mobil city car juga berfungsi terhadap hal lain. Komponen spoiler memiliki fungsi yang sama dengan wings pada mobil balap. Penambahan spoiler bertujuan untuk menambah tekanan mobil, sehingga mobil tetap stabil dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: Ini Tiga Jenis Modifikasi Mobil yang Bisa Gugurkan Garansi

Spoiler digunakan pada mobil berjenis city car karena berat mobil tergolong ringan. Bobot dari mobil city car berkisar antara 800 kg sampai dengan 1 ton. Dengan bobot yang ringan, biasanya city car akan terasa melayang saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Oleh karena itu, spoiler memiliki manfaat penting pada mobil city car. Komponen ini dapat membantu menekan mobil agar tidak menimbulkan kesan melayang saat dikendarai. Spoiler juga dapat menambah tekanan angin agar cengkraman ban ke jalan semakin kuat. Hal ini tentunya membuat mobil city car dapat lebih stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Pada mobil city car, produsen mobil biasanya sudah menyematkan spoiler sebagai fitur standar pada pintu bagasi. Sehingga pemilik mobil tidak perlu membeli tambahan spoiler. Namun, bagi yang ingin melakukan modifikasi pada spoiler, sebaiknya perlu diimbangi dengan pemasangan spoiler depan. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi tekanan udara. Untuk mobil city car, sebaiknya pengguna mobil harus memperhatikan beberapa hal dalam melakukan modifikasi spoiler. Pasalnya, ukuran city car relatif kecil. Pemasangan spoiler depan akan berpotensi rusak jika sering melewati jalan dengan kontur yang tidak rata. Apabila mobil yang digunakan terlalu ceper, maka tidak disarankan untuk menggunakan lips bagian depan.

mobil terkait

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 311.750.000

Individu

Rp 1.597.300.000

Individu

JAKARTA

Rp 350.400.000

Individu

JAKARTA

Rp 333.450.000

Individu

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas