Manjur! Cara Membuat Perangkap agar Mobil Tak Menjadi Sarang Tikus

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 30 March 2020

Manjur! Cara Membuat Perangkap agar Mobil Tak Menjadi Sarang Tikus

momobil.id – Mobil yang jarang digunakan kerap menjadi sasaran tikus yang ingin membuat sarang di sana. Umumnya bagian yang kerap menjadi sarang tikus adalah bagian bawah kap mobil yang terdapat mesin, kabel-kabel, dan komponen penting lainnya.

Berbagai komponen ini tentu sangat penting agar mobil bisa beroperasi secara normal. Kehadiran tikus di dalam kap mobil berpotensi membuat komponen kotor karena kerap membawa sisa makanan maupun sampah ke dalamnya. Selain itu, kabel-kabel juga rawan terkelupas atau putus akibat digigit tikus.

Bagi pemilik mobil yang sudah gregetan akibat ulah tikus yang merusak komponen mobil, bisa mencoba tips membuat perangkap sederhana untuk menangkap hewan pengerat tersebut. Berikut tips selengkapnya.

Sediakan ember, plastik, dan potongan kayu

Tiga bahan sederhana ini bisa dimanfaatkan untuk membuat perangkap tikus. Ember berfungsi sebagai tempat utama untuk menampung tikus yang terjebak. Sedangkan plastik digunakan sebagai pengganti tutup ember. Bedanya, ember tak ditutup seluruhnya. Setelah plastik menutupi seluruh permukaan ember, lubangi bagian tengah sebagai pintu masuk tikus ke dalam jebakan.

Selanjutnya, berikan umpan makanan di dalam ember dan di atas plastik. Jika sudah, siapkan potongan kayu yang berfungsi sebagai jalan bagi tikus menaiki ember. Jika tidak ada kayu, bisa menyusun batu-batu yang intinya bisa memudahkan tikus memanjat menuju ember.

Setelah semuanya siap, tunggu hingga besok pagi untuk melihat hasilnya. Perangkap ini tak hanya bisa menangkap satu tikus, namun bisa beberapa ekor tergantung besarnya ember. Tikus yang sudah masuk ke ember akan kesulitan memanjat keluar lantaran permukaan ember yang licin.

Tempelkan lampu LED

Meski sudah menyiapkan jebakan, pemilik mobil sebaiknya juga mengantisipasi jika ada tikus yang tetap menyambangi kap mobil. Guna mencegahnya, pemilik mobil bisa menempelkan lampu LED berdaya rendah di bagian dalam kap mobil. Lampu ini bisa dibeli di beberapa toko online dan harganya sangat terjangkau.

Baca juga: Beli Mobil Baru Secara Online Guna Mencegah Penyebaran COVID-19

Tikus tak menyukai tempat yang terang sehingga adanya lampu di dalam kap akan membuatnya kurang nyaman. Jika ingin lebih pasti lagi, tambahkan juga kapur barus yang biasa digantung di kamar mandi. Wangi kapur barus tak disukai tikus karena hewan ini tak menyukai bau yang menyengat.


Kembali ke atas