Momobil.id

Masa Sih Mobil Matic Lebih Boros? Yuk Baca Ulasannya

Rumor akan borosnya mobil matic bisa dikatakan sudah menjadi rahasia umum, padahal hal tersebut belum tentu benar adanya. Kabar burung tentang mobil matic lebih boros memang sering menjadi faktor yang membuat banyak orang berpikir berkali-kali ketika ingin mobil matic. Namun, apakah mobil matic memang seboros itu dalam menggunakan bahan bakar? Yuk kita ulas bersama.

Mobil matic lebih boros
Source: elangjalanan.net

Fakta Mobil Matic Lebih Boros

Mobil matic memiliki spesifikasi transmisi dan pola pembakaran yang berbeda dengan mobil manual. Komponen transmisi yang membedakan antara mobil matic dan manual adalah adanya Torque Converter. Komponen ini adalah alat untuk merubah torsi menjadi tenaga lalu disalurkan ke roda untuk bergerak. Transmisi AT atau automatic itu beroperasi pada RPM yang lebih tinggi dibandingkan transmisi manual, karena hal tersebut untuk bergerak dan melaju mobil matic akan menggunakan bahan bakar lebih banyak dibandingkan mobil manual yang disalurkan melewati Torque Converter itu tadi. Tercatat transmisi automatic mengonsumsi bensin rata-rata sebanyak 2km/liter, dan mobil matic lebih boros dibandingkan mobil manual yang menggunakan bensin di bawah 2km/liter karena hal tersebut.

Hal lain yang membuat penggunaan bahan bakar pada mobil matic lebih banyak adalah jumlah percepatan/gigi pada mobil matic biasanya 1 level di bawah mobil bertransmisi manual. Misal, mobil manual memiliki percepatan hingga gigi 5 sedangkan mobil matic hanya sampai pada gigi 4. Hal ini membuat RPM yang dibutuhkan untuk berpindah gigi menjadi lebih tinggi karena jarak rasio gigi yang cenderung lebih besar.

Selain boros dalam penggunaan bahan bakar, juga mobil matic lebih boros untuk kocek pemiliknya. Mobil matic dikenal sebagai mobil yang manja, karena membutuhkan banyak perawatan agar bisa digunakan setiap harinya. Seperti harus sering ganti oli, cek mesin, hingga cek gear gigi mobil. Memang mobil matic merupakan mobil yang bisa membuat kantong Anda jebol, tapi mobil matic ini sangatlah membantu bagi orang-orang yang sudah lelah dengan penatnya macet ibu kota dan suka dengan kepraktisan dari mobil matic ini. Untuk keputusan terakhir apakah mobil matic merupakan mobil yang cocok untuk Anda atau tidak itu semua dikembalikan kepada Anda sendiri yang lebih mengetahui tingkat kebutuhan. Semoga artikel ini dapat memberikan jawaban kepada Anda mengapa mobil matic lebih boros.

Exit mobile version