Masih Perlukah Pakai Cover Mobil Ketika Parkir di Garasi?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 March 2023

Masih Perlukah Pakai Cover Mobil Ketika Parkir di Garasi?

momobil.id – Mermarkir mobil di garasi merupakan hal yang sangat dianjurkan bagi seluruh pemilik mobil. Bagi para pemilik mobil yang tidak memiliki garasi, penggunaan car cover atau sarung mobil sangat dianjurkan untuk melindungi mobil dari sinar matahari dan hujan. Namun, masi perlukah menggunakan cover mobil ketika kendaraan diparkir di dalam garasi?

Fungsi Cover Mobil

Bagian eksterior mobil menjadi daya tarik utama orang. Oleh karena itu, sebagian besar orang berusaha agar bodi mobil tetap dalam kondisi yang baik. Salah satunya adalah menggunakan cover mobil. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari penggunaan cover atau sarung mobil.

1. Menjaga Cat Mobil dari Air Hujan

Sarung mobil berfungsi untuk melindungi mobil dari berbagai kondisi saat diparkir, salah satunya adalah melindungi bodi mobil dari air hujan. Air hujan mengandung zat asam yang mampu membuat cat menjadi kusam. Selain itu, air hujan yang menempel juga dapat menimbulkan jamur pada cat mobil.

2. Melindungi dari Terik Matahari

Sinar ultraviolet dari terik matahari mampu membuat warna cat mobil menjadi kusam. Cover mobil dibutuhkan untuk melindungi bodi mobil dari terik matahari agar cat mobil tetap mengkilap.

3. Menghindari Goresan dan Menjaga Kebersihan Bodi Mobil

Debu dan kotoran, baik di dalam maupun di luar ruangan, mampu menggores bodi mobil. Hal ini tentunya dapat membuat bodi mobil menjadi kusam dan penuh baret. Penggunaan cover mobil tentu dapat mencegah timbulnya goresan pada bodi mobil. Selain itu, cover juga menjaga bodi mobil tetap bersih dari kotoran.

Baca Juga: Tips Memilih Cover Mobil agar Kendaraan Terlindung Maksimal

Memakai Sarung Mobil di Garasi

Penggunaan cover mobil di dalam garasi tentu memberikan dampak positif dan negatif. Cover mobil tentu memberikan perlindungan terhadap cat mobil dari debu dan kotoran. Mengingat potensi debu dan kotoran masih bisa masuk lewat celah udara di area garasi. Selain itu, mobil juga dapat terhindar dari goresan akibat debu, atau cakaran binatang peliharaan.

Meskipun demikian, penggunaan cover mobil secara terus menerus berpotensi membuat cat mobil tidak mengkilap, bahkan berjamur. Hal ini bisa saja terjadi karena cover bodi benar-benar rapat dan bodi tidak terkena cahaya.

Untuk menghindari hal tersebut, pemilik mobil perlu rajin membuka cover dan membersihkan bodi mobil dari debu-debu halus. Pembersihan debu bisa dilakukan dengan menggunakan kemoceng. Selain itu, pemilik mobil disarankan untuk membuka cover mobil setiap tiga hari agar terjadi sirkulasi udara. Hindari terlalu sering mencuci mobil karena dapat membuat bodi menjadi lembab dan menimbulkan karat.

Pemilihan cover juga perlu diperhatikan. Pilihlah cover atau sarung mobil yang cocok digunakan dalam garasi. Pada umumnya, sarung mobil untuk garasi menggunakan lapisan wool pada bagian dalam untuk menyerap embun pada bodi mobil. Sementara sarung mobil untuk outdoor menggunakan bahan parasit dan kasar.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 209.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 778.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 143.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 249.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 155.000.000

Individu

GIANYAR


Kembali ke atas