Mau Beli Mobil Tapi Gaji Masih Pas-pasan? Coba Tips Berikut

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 April 2020

Mau Beli Mobil Tapi Gaji Masih Pas-pasan? Coba Tips Berikut

momobil.id – Mobil telah menjadi salah satu opsi moda transportasi favorit karena menawarkan kenyamanan dan mampu mengangkut banyak orang. Namun karena harganya yang relatif tinggi, rencana beli mobil menjadi agak sulit bagi yang memiliki gaji pas-pasan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Karena itu, sabar dan disiplin adalah kunci utama beli mobil bagi yang masih mengantungi gaji pas-pasan untuk kebutuhan harian. Berikut beberapa tips yang bisa dipraktekkan bagi yang ingin membeli mobil dengan gaji terbatas.

Baca juga: Penghasilan Rp3 Juta hingga Rp5 Juta Bisa Beli Mobil! Simak Hitungannya agar Tidak Tekor

Sisihkan gaji 20-30 persen

Ini merupakan hal mendasar yang harus dilakukan jika sudah bertekad membeli mobil. Sebagai contoh, jika penghasilan sebulan sebesar Rp3 juta, maka harus menyisihkan pendapatan sebesar Rp600 ribu (20 persen) atau Rp900 ribu (30 persen) per bulan. Lakukan hal ini selama 36 bulan.

Jika rutin menabung Rp600 ribu selama 36 bulan, maka akan terkumpul uang Rp21,6 juta. Dan jika menyisihkan Rp900 ribu per bulan selama 36 bulan, maka bisa memiliki uang sebesar Rp32,4 juta.

Pilih mobil bekas

Karena bujet cukup terbatas, maka tak terlalu banyak mobil yang bisa menjadi pilihan. Satu-satunya opsi yang bisa dipilih bagi yang memiliki gaji Rp3 juta per bulan adalah membeli mobil bekas dengan kisaran harga Rp40 juta hingga Rp50 juta.

Jika memutuskan membeli mobil di kisaran harga tersebut, sebaiknya bersabar sedikit lagi dan membeli secara tunai. Jangan memaksakan diri membeli mobil secara kredit jika cicilan per bulannya sudah melebihi tiga puluh persen pendapatan.

Cari pekerjaan sampingan

Seandainya kurang cocok dengan mobil-mobil bekas di kisaran harga Rp40 juta hingga Rp50 jutaan, maka hal yang bisa dilakukan adalah mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika sudah memiliki penghasilan tambahan, simpan uang yang didapatkan hingga jumlahnya mencapai harga mobil yang diinginkan.

Kurangi pengeluaran konsumtif

Jika tak benar-benar diperlukan, kurangi pembelian yang sifatnya konsumtif karena bisa menghambat target pembelian mobil. Gunakan pendapatan bulanan hanya untuk kebutuhan hidup sehari-hari yang memang diperlukan.


Kembali ke atas