Mau Tahu Jenis Mobil yang Cocok untuk Wanita?

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 22 February 2019

Mau Tahu Jenis Mobil yang Cocok untuk Wanita?

Tips and Trick | Mobil Bekas

Unik jika melihat wanita mengendarai SUV atau bahkan Jeep, karena kerap kali wanita biasa mengendarai jenis mobil city car. Tapi hal itu bisa saja terjadi karena faktanya saat ini sudah banyak wanita mengemudikan sendiri mobilnya. Kemandirian dan karir yang mendukung akhirnya mempengaruhi pilihan mobil yang akan dikendarai oleh kaum hawa.

Namun memilih mobil bagi kaum wanita berbeda dengan laki-laki. Wanita cenderung lebih detail pada tampilan interior dan eksterior. Sedangkan laki-laki lebih ke performa. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian wanita saat memilih mobil, yakni:

Warna Mobil
Warna mobil menentukan karakter, mood dan identitas pemiliknya. Tak heran pemilik mobil wanita sering menambahkan aksesori dan mengubah warna mobil ke warna feminin seperti merah muda, ungu, jingga, dan lain sebagainya.

Ukuran Mobil
Meski wanita menyukai mobil dengan sosok mungil, tetapi tak sedikit juga yang suka dengan bodi panjang dan besar. Secara urut jenis mobil yang paling diminati wanita adalah: city car, LCGC, MPV, hingga SUV.

Punya Fitur Keamanan
Mobil pilihan wanita juga harus punya fitur keamanan seperti sidebar pada pintu, airbag, atau seat belt dan yang paling dibutuhkan adalah mobil yang memiliki sensor parkir.

Ruang Penyimpanan
Kebiasaan wanita yang suka membawa barang banyak, membutuhkan mobil yang dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. Seperti kabin mobil yang lapang sehingga bisa memuat banyak barang kebutuhan.

Sedangkan keputusan paling utama bagi wanita saat membeli mobil ditentukan dari kondisi mobil, transmisi, jenis transaksi, dan merek. Berikut beberapa jenis mobil berdasarkan brand yang umumnya dipilih wanita:

Honda
Performa Honda sudah diakui dari mesin hingga desain. Untuk Honda Jazz sendiri, sudah banyak wanita yang menggunakannya bahkan memodifikasi warna maupun aksesori yang dikenakannya. Sebagai merek berkelas, Honda berhasil memikat perhatian wanita dengan produk-produknya. Sedangkan yang biasanya dipilih oleh wanita diantaranya adalah Civic, Brio, Freed, dan Jazz.

Civic sendiri adalah sedan perkotaan dengan desain compact, modern, dan futuristik. Untuk Freed dipilih sebagai kendaraan yang dapat muat banyak penumpang. Sedangkan Brio dipilih karena compact dan ringkas.

Suzuki
Suzuki terkenal dengan mesin iritnya. Bentukannya yang khas pada produk otomotifnya juga disukai wanita. Misalkan saja Karimun dengan bodi ringkas tapi mempunyai kabin lebih luas dari sedan. Karena Karimun tak memiliki opsi automatic transmission, maka cocok untuk wanita yang menyukai mobil manual dengan kapasitas besar.

Sedangkan Splash dan Swift ideal untuk wanita yang senang berkendara praktis dan membangun kepercayaan dirinya. Bodinya yang mungil mudah dikendarainya dan biaya operasionalnya rendah.

Nissan (March, Juke)
Personafikasi wanita direpresentasikan oleh Nissan dengan mengeluarkan produk yang cocok untuk kaum hawa. Nissan March dan Nissan Juke merupakan dua mobil keluaran Nissan yang disukai para wanita. Modelnya terbilang lawas tetapi punya desain mungil dan khas. Inovasi warna yang ditawarkannya juga stylish.

Hal yang terbilang baru, dimunculkan oleh Juke dengan bodi menggelembung dan bahkan terkesan gahar. Kenapa dipilih oleh wanita? Ini fenomena unik untuk market Nissan. Dugaannya terletak pada harga jual yang terjangkau dan sifat wanita yang menyenangi sosok maskulin.

Mitsubishi
Mitsubishi tidak mau kalah dari beberapa kompetitornya dengan meluncurkan LCGC Mitsubishi Mirage. Mobilnya bandel, hemat operasionalnya, serta mudah perawatannya. Bentuknya terbilang feminin dari sisi varian serta bentuk. Dan warna-warna yang ditawarkannya memungkinkan wanita memilih leluasa.

Sedangkan Xpander, pertama karena sedang trend. Kedua, punya mesin handal dengan desain futuristik. Kapasitas angkutnya besar. Wanita yang memilihnya punya alasan kuat untuk menjadikannya mobil keluarga.

Wuling
Sebagai pendatang baru, Wuling Confero S sudah di plot menjadi mobil keluarga. Desainnya yang simpel untuk mobil perkotaan menjadi alasan utama pemilihannya. Karena mobil Cina, masalah merek menjadi pertimbangan utama. Keraguannya memang banyak, tetapi di negerinya sendiri, mobil jenis Wuling Confero S sudah banyak digunakan oleh kaum wanita.

Bukan masalah emansipasi lagi wanita menggunakan mobil, tetapi lebih dari kebutuhan sebagai wanita dinamis yang hidup dalam kota besar. Jadi sudah tahu mau pilih jenis mobil yang mana?

Oleh: Redaksi Momobil.id

Photo: iStock


Kembali ke atas