Mau Velg Chrome Mobil Kamu Tetap Mengkilap? Begini Cara Merawatnya

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi | 9 August 2019

Mau Velg Chrome Mobil Kamu Tetap Mengkilap? Begini Cara Merawatnya

momobil.id – Velg mobil sering kali di modifikasi dengan berbagai macam jenis dan variasi velg. Salah satu velg yang cukup populer adalah velg berbahan chrome. Velg tersebut dipilih karena model yang menarik dan berkilau. Namun, velg berbahan chrome mudah sekali kotor apalagi di musim hujan.

Guna menjaga velg mobil chrome tetap mengkilap, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk perawatannya. Berikut tip dan trik cara membersihkan velg mobil berbahan chrome:

Menggunakan aluminium foil

Aluminium foil adalah bahan yang mudah ditemukan yang dapat membantu membersihkan velg chrome dari karat, seperti pada langkah-langkah berikut:

  • Pertama, cuci velg yang kotor dengan air dan sabun cuci mobil. Jika merasa noda tersebut masih ada, ia bisa menambahkan sedikit cuka atau air garam.
  • Gosok perlahan aluminium dengan lembut dan halus ke permukaan velg, berikan tekanan kuat pada roda velg yang tebal dan berkarat. Ingatlah untuk membasahi aluminium foil dengan air bersih atau air garam untuk hasil yang lebih efisien.
  • Jika karat atau kotoran telah menghilang dari velg, bersihkan dengan air bersih dan sabun.
  • Bersihkan permukaan roda dengan kain bersih sampai benar-benar kering. Dalam kondisi basah, velg akan rentan akan berkarat dan kotor lagi.

Menggunakan pasta gigi

Komposisi yang terkandung dalam pasta gigi dapat menghilangkan kerak pada velg mobil, dengan langkah sebagai berikut:

  • Bersihkan permukaan roda mobil yang berkarat dengan air bersih, lalu lap hingga kering.
  • Siapkan pasta gigi putih, lalu oleskan secara merata di seluruh permukaan roda mobil yang berkarat. Tunggu sampai setengah kering.
  • Gosok permukaan pelek yang telah diberi pasta gigi dengan kain kering yang lembut untuk membersihkan.
  • Ulangi mengoles pasta gigi jika kondisi velg dirasa belum bersih.

Baca Juga: Listrik di rumah padam? Ini tip mengisi ulang baterai smartphone di mobil

Bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan velg berbahan chrome tersebut sangat mudah didapat. Selain itu, merawatnya pun cukup mudah. Jadi, tidak ada istilah velg mobil yang dekil dan berkarat akibat penggunaan sehari-hari.

Sumber gambar: Carid


Kembali ke atas