Mazda 2 Generasi Baru Bakal Menggunakan Basis Toyota Yaris Hybrid

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 18 December 2020

Mazda 2 Generasi Baru Bakal Menggunakan Basis Toyota Yaris Hybrid

momobil.id – Mazda 2 generasi baru kabarnya bakal menggunakan basis Toyota Yaris Hybrid. Hal ini semakin memperjelas hubungan kedua perusahaan yang kian erat untuk bisnis otomotif global.

Seperti dilansir CNN Indonesia, informasi ini disiarkan Autocar yang juga menjelaskan Mazda 2 Hybrid itu akan dijual untuk pasar Eropa dalam dua tahun mendatang. Pada presentasi hasil finansial terkini perusahaan, Mazda mengutarakan bakal terus memanfaatkan kerja sama degan produsen otomotif lain untuk berkembang. Ini termasuk rencana untuk menawarkan ‘mobil berbasis Yaris THS (Toyota Hybrid System)’.

Ada kemungkinan generasi Mazda2 dari Yaris Hybrid akan diproduksi Toyota. Saat ini Yaris Hybrid diproduksi di pabrik Toyota di Prancis. Mengadopsi sistem hybrid bisa membantu Mazda menyesuaikan diri dengan regulasi emisi bahan bakar di Eropa, kerja sama ini juga dapat membantu Toyota terkait manufaktur.

Sedikit gambaran tentang Yaris, mobil dengan nama ini punya tiga versi. Versi yang dijual di Indonesia dan negara ASEAN lainnya menggunakan platform Vios, sementara versi Eropa dan Australia dirancang memakai platform Toyota New Global Architecture (TNGA B).

Sedangkan versi terakhir yakni yang dijual di Amerika Serikat merupakan Yaris berbasis Mazda 2. Mazda 2 yang dijual di Eropa saat ini sudah beredar sejak 2014.

“Kami terus melanjutkan pendekatan berbagai sumber yang menawarkan solusi untuk kombinasi tenaga, keunikan, dan kebutuhan konsumen di setiap negara dan wilayah,” kata Mazda Inggris menanggapi informasi penggunaan teknologi Yaris Hybrid untuk mobil baru.

Baca juga: Sejarah Toyota Yaris yang Mengaspal di Indonesia Sejak 2006

Menurut Mazda Inggris sistem hybrid Toyota saat ini solusi optimal merespons kebutuhan itu. Meski demikian tidak disebutkan identitas mobil Mazda yang akan memakai teknologi itu mengutip Paultan.

Sebelum pemakaian teknologi hybrid pada Mazda, Toyota sudah bekerja sama dengan Suzuki. Corolla estate hybrid dijual Suzuki dengan nama Swace dan RAV4 PHEV sebagai Across.


Kembali ke atas