Mazda MX-30 Sabet Penghargaan Japan Design Car of the Year 2020

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 December 2020

Mazda MX-30 Sabet Penghargaan Japan Design Car of the Year 2020

momobil.id – Menyabet penghargaan Japan Design Car of the Year (JDCOTY) 2020, Mazda MX-30 dinobatkan sebagai mobil paling cantik di Jepang.

Seperti dilansir Detik.com, produk-produk mobil buatan Mazda dikenal memiliki desain dengan estetika yang tinggi. Merek Jepang yang dikenal dengan kualitas seperti mobil Eropa itu memiliki filosofi desain Kodo – Soul of Motion, yang diaplikasikan pada Mazda2 hingga CX-9.

Namun bukan Mazda2 atau seri CX yang mendapatkan gelar bergengsi JDCOTY 2020 sebagai mobil paling cantik di Jepang, melainkan crossover terbaru mereka, MX-30 yang berhasil mendapat gelar sebagai mobil dengan desain terbaik di Jepang tahun ini.

Sebagai informasi, Mazda MX-30 dirilis akhir tahun lalu di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Mobil SUV ini punya tampilan fascia ‘Kodo’ baru yang lebih kecil dan sederhana dibanding model-model Mazda lainnya. MX-30 memiliki desain yang kompak, dengan bentuk pintu ala mobil sport ikonik, RX-8.

Selain desain muka yang berbeda, MX-30 juga memiliki keistimewaan di jantung pacunya. Sebab ini merupakan mobil pertama Mazda yang menggunakan mesin listrik.

MX-30 dibekali motor listrik e-SkyActiv dengan baterai 35,5 kWh. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 144 dk dan torsi 264 Nm. Mobil listrik ini bisa menjangkau jarak tempuh hingga 209 km.

Mazda MX-30 sendiri kabarnya sudah dipasarkan di Eropa sejak pertengahan 2020, dengan harga 33.990 euro atau setara Rp 582 juta. Mobil ini diproduksi di pabrik Mazda, di Hirosima.

Baca juga: Tampilan Mobil yang Menggunakan Vantablack, Cat Hitam Paling Gelap

Mobil ini juga kemungkinan besar akan masuk ke Indonesia suatu saat nanti. “Waktu lihat (MX-30) di Jepang kita memang memperkirakan itu akan segera diproduksi untuk massal. Tapi (untuk menjual mobil itu di Indonesia) kita nunggu arahan dari Mazda Corporation Jepang,” kata Presiden Direktur Eurokars Motor Indonesia, Roy Arman Arfandy, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Dan karena MX-30 produk Mazda. Tentu kita juga berharap bisa masuk Indonesia juga,” jelas Roy


Kembali ke atas