Melihat Fitur Mobil Dinas Presiden dari Masa ke Masa

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine | 17 August 2019

Melihat Fitur Mobil Dinas Presiden dari Masa ke Masa

momobil.id – Setelah mengetahui deretan mobil dinas para Presiden Republik Indonesia, kurang lengkap rasanya jika belum membahas sisi fiturnya. Mobil dinas kepresidenan yang digunakan terus mengalami peningkatan fitur jika dibandingkan dari era Bung Karno hingga Presiden Jokowi.

Salah satu peningkatan yang paling terlihat adalah dari sisi keamanan. Mobil dinas kepresidenan pada era Bung Karno tentu tak memiliki fitur keamanan selengkap mobil kepresidenan yang digunakan oleh Presiden-presiden berikutnya. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ulasan mengenai fitur-fitur yang dibenamkan pada mobil kepresidenan dari masa ke masa.

Buick-8

Mobil dinas Presiden Buick-8
Sumber gambar: Tirto

Ini dia mobil legendaris yang setia menemani Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno, berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia selepas proklamasi. Buick-8 merupakan mobil keluaran tahun 1939 tipe Limited-8 dengan mesin berkapasitas 5247 cc. Dengan spesifikasi tersebut, mobil Buick-8 milik Soekarno ini sudah termasuk mobil kuat dizamannya dibandingkan dengan mobil Buick lainnya. Selain itu, mobil Buick-8 hanya diproduksi sebanyak 1.451 unit di dunia.

Berbeda dengan masa kini yang sudah kaya akan teknologi, mobil-mobil dinas di waktu itu hanya mengandalkan kemewahan dan mesin, tapi belum dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti antipeluru atau antiranjau. Bahkan, jendela-jendela mobilnya pun masih bening sehingga dapat dengan mudah terlihat dari luar mobil. Termasuk mobil-mobil dinas Presiden Ir. Soekarno lainnya, seperti Chrysler Imperial, Cadillac 75, Chaika Gaz 13, Zil 111, Mercedes Benz 600 dan Lincoln Cosmopolitan.

Chrysler Imperial

Chrysler Imperial
Sumber gambar: Hemmings

Mobil ini merupakan salah satu bukti tidak adanya fitur keamanan yang dimiliki oleh mobil dinas Presiden Soekarno. Tepat saat tragedi Cikini pada tahun 1957, mobil hadiah pemberian Raja Arab Saudi ini ringsek akibat menahan ledakan granat yang sengaja dilakukan oleh pihak-pihak yang ingin menjatuhkan Presiden Soekarno. Beruntung, Soekarno dan anak-anaknya berhasil selamat dari kejadian tersebut.

Mercedes Benz 500SEL

Sumber gambar: Mercedes-Benz

Pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, mobil dinas Presiden bertransformasi menjadi tipe Limousine, yaitu Mercedes Benz 500SEL keluaran tahun 1987. Sudah lebih canggih, mobil ini sudah dilengkapi dengan kaca anti peluru dan baja platina hitam pada bodi mobil untuk menahan serangan senjata dan guncangan. Mobil dengan tipe mesin M117.963 ini memiliki kecepatan hingga 220 km/jam dengan delapan silinder berkapasitas 5.0L. Spesifikasi keamanan pada mobil ini disebut memiliki kesamaan yang setaraf dengan mobil dinas Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II. Kaca antipeluru yang digunakan setebal tiga inci, kurang dua inci dari Cadillac One yang digunakan Presiden Barack Obama. Beberapa sensor juga menempel pada mobil ini agar menjamin keselamatan Presiden Soeharto ketika berdinas. Mobil ini dilapisi baja dan platina hitam yang tahan terhadap serangan peluru, mortir, dan guncangan.

Mercedes Benz S600 tahun 1994

Mercedes Benz S600
Sumber gambar: Moneysmart

Mercedes Benz S600 keluaran 1994 merupakan mobil kepresidenan yang paling lama digunakan di Indonesia. Pertama kali digunakan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995, mobil ini kemudian secara turun temurun terus digunakan oleh Presiden berikutnya yakni BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono. Tak jauh berbeda dengan spesifikasi mobil dinas sebelumnya, Mercedes Benz S600 juga memiliki kaca tiga lapis untuk menahan serangan peluru dan bodi dengan setengah lapis baja platina. Mobil ini diketahui memiliki tingkat keamanan B7, yang mana mobil dapat menahan peluru penembus perisai (armor peircing bullet).

Mercedes Benz S600 Pullman Guard

Mercedes Benz S600 Pullman Guard
Mercedes Benz S600 Pullman Guard

Dibeli sejak tahun 2007, Presiden SBY baru menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard sebagai mobil kepresidenan pada tahun 2008. Mobil ini kemudian juga digunakan pada periode pertama kepemimpinan Presiden Jokowi. Kapasitas mesin yang ditawarkan oleh mobil ini sebanyak 6000 cc V12 bertenaga 525 hp. Selain itu, mobil ini telah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih canggih. Sekujur bodi dan kaca Mercy S600 Guard berlapis bahan antipeluru senapan serbu standar militer, bahkan sanggup melindungi penumpang dari serangan granat tangan.

Fasilitas keselamatan lain adalah fitur run-flat tyre yang memungkinkan mobil bermesin biturbo dua belas silinder itu ngebut meninggalkan lokasi konflik dalam kondisi ban kempis hingga sejauh enam puluh kilometer. Mobil ini pun telah dibekali dengan pemadam kebakaran otomatis yang dapat menahan penyebaran api sehingga mampu mencegah ledakan.

Kandidat mobil dinas Presiden Jokowi periode kedua

Mercedez Benz S600 Pullman Guard 2019

Kembali menawarkan diri, Mercedes Benz maju sebagai kandidat mobil dinas untuk Presiden Jokowi periode kedua. Hanya saja, belum ada informasi lebih lanjut terkait perbedaan Mercy S600 Pullman Guard yang ditawarkan pada periode ini dan periode sebelumnya.

BMW 7 Series F02

Calon mobil dinas Presiden, BMW 7 series F02
Sumber gambar: CNBC

Tak mau kalah, BMW juga muncul menantang Mercy S600 Pullman Guard yang telah bertahun-tahun menemani perjalanan dinas Presiden Republik Indonesia. Series 7 yang ditawarkan pun merupakan model tertinggi yang dimiliki BMW. Mobil ini menggendong mesin 6000 cc V12 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 544 hp. Akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam bisa ditempuh hanya dalam 6,2 detik aja. Sedangkan kecepatan maksimal bisa diraih sampai 210 kilometer per jam dengan sistem pembatasan elektronik.

Dari sisi fitur keamanan, mobil ini telah lolos uji balistik level VR9 di bagian kerangka bodi demi mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti pemukulan, penembakan hingga pengeboman. Bahkan keamanan level VR9 mampu menahan gempuran dari peluru senjata pistol hingga magnum yang memiliki kaliber sampai 44 milimeter. Senjata serbu macam AK-47 juga bisa diatasi dengan mudah oleh teknologi balistik terbaru tersebut. Keamanan standar internasional lainnya seperti roda maupun ban yang bisa berjalan walaupun bocor dan tabung oksigen darurat di kabin penumpang juga sudah tersedia di kendaraan ini.

Sumber gambar: global Indonesian voices


Kembali ke atas