Melihat Kelebihan Subaru Crosstrek, SUV Kompak Termahal

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 14 March 2023

Melihat Kelebihan Subaru Crosstrek, SUV Kompak Termahal

momobil.id – Subaru memanfaatkan pameran Gaikindo Jakarta Auto Show (GJAW) 2023 untuk meluncurkan SUV terbarunya, Subaru Crosstrek. Berada di kelas SUV kompak, mobil ini menggantikan posisi dari Subaru XV. Lantas, apa kelebihan dari Subaru Crosstrek?

Tampilan dan Platform Baru

Subaru Crosstrek menggunakan desain yang terinspirasi dari XV. Bentuknya masih terlihat seperti crossover dengan cladding berwarna matte-black di sekujur bodinya. Meskipun terlihat mirip dengan Subaru XV, Crosstrek hadir dengan platform yang seutuhnya baru, yakni Subaru Global Platform. Platform baru diklaim memiliki torsional rigidity yang lebih baik hingga 10% dibandingkan dengan pendahulunya.

Subaru menyediakan beberapa pilihan warna untuk Crosstrek. Adapun delapan warna yang tersedia meliputi Offshore Blue Metallic, Pure Red, Crystal Black Silica, Crystal White Pearl, Ice Silver Metallic, Magnetite Grey Metallic, Sun Blaze Pearl, dan Oasis Blue.

Interior dan Fitur Unggulan

Masuk ke bagian interior, Subaru Crosstrek tampak sporty dengan nuansa kabin berwarna hitam. Desain interior dari Crosstrek mengambil bahasa desain horizontal line dashboard dan Mountain Design yang terlihat pada bagian door sill plates depan dan belakang. Pada bagian dashboard, terdapat layar head unit besar berukuran 11,6 inci yang sudah terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay secara nirkabel.

Desain jok dari Subaru Crosstrek tergolong inovatif karena dapat menopang dan menyelaraskan panggul. Seat mounting pada Subaru Crosstrek disematkan pada sasis Subaru Global Platform sehingga mampu membuat berkendara menjadi lebih nyaman dengan mengurangi pergerakan tangan dan kepala, serta mengurangi getaran saat melewati jalanan yang tidak rata.

Baca Juga: Ikon Rally Subaru WRX Resmi Meluncur di Indonesia

Mobil ini juga hadir dengan Driver Monitoring System yang mampu membaca data biometric muka pengendara untuk menyesuaikan pengaturan bangku, sudut spion, dan entertainment. Selain itu, tersedia pula fungsi warning yang menyala ketika pandangan pengemudi tidak fokus ke jalan atau mengantuk.

Dari segi fitur keselamatan, Subaru Crosstrek sudah dilengkapi dengan Subaru Eyesight generasi terbaru. Fitur tersebut terdiri dari Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control / Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Adaptive Cruise Control, Reverse Automatic Braking (RAB), Subaru Rear Vehicle Detection, Blind Spot Detection (BSD) / Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert. Subaru juga memberi tambahan Wide-Angle Mono Camera untuk melengkapi dua stereo camera.

Spesifikasi Subaru Crosstrek

Salah satu kelebihan dari Subaru Crosstrek ada pada penggeraknya. SUV ini dibekali dengan mesin Boxer berkapasitas 2.000 cc yang minim getaran dari reliabilitas baik. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 156 PS dan torsi 196 Nm.

Tenaga disalurkan ke penggerak Subaru Symmetrical All-Wheel Drive (AWD) dengan transmisi Lineartronic and Active Torque Split AWD. Transmisi Lineartronic memastikan putaran mesin bekerja dengan halus dan efisien. Sementara Active Torque Split memastikan torsi disalurkan ke roda mobil yang paling membutuhkan cengkraman.

Harga Subaru Crosstrek

Subaru Crosstrek dijual dengan harga Rp549.000.000,- (on the road). Harga tersebut lebih mahal dibanding pesaingnya HR-V RS, SUV kompak non hybrid termahal yang dipasarkan dengan harga Rp529.900.000,-.

Mobil ini sudah tersedia di seluruh jaringan dealer resmi Plaza Subaru. Harga tersebut sudah termasuk garansi 3 tahun atau 100.000 km, servis gratis 3 tahun atau 50.000 km, dan Subaru Roadside Assistance selama 3 tahun.

mobil terkait

Rp 149.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 357.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 189.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 223.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 112.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas