Melihat Kembali Alasan NMI Menyuntik Mati Nissan Juke di Indonesia

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 7 September 2020

Melihat Kembali Alasan NMI Menyuntik Mati Nissan Juke di Indonesia

momobil.id – Nissan Kicks e-Power memang diproyeksikan sebagai pengganti Juke di Indonesia. Pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) pun pernah menegaskan bahwa pihaknya tak akan membawa generasi terbaru Juke ke Indonesia.

Dalam wawancara bersama Kompas.com, Isao Sekiguchi selaku Presiden Direktur NMI menuturkan salah satu alasan Nissan Juke generasi baru tak akan masuk ke Indonesia karena pihaknya menilai pasarnya kurang menjanjikan.

“Saya tahu saat Nissan meluncurkan Juke beberap tahun lalu sempat menjadi salah satu model yang paling populer, namun setelah itu memang marketnya menurun. Jadi sayangnya, kami tidak akan bawa Juke baru ke Indonesia, ini pun yang terjadi di beberapa pasar lainnya di Asia, termasuk Jepang,” ujar Sekiguchi.

Seperti dilansir OtoDriver, Juke pertama kali diluncurkan pada tahun 2011. Tepat di tahun 2016, Nissan membekali Juke dengan penyegaran meski hanya bersifat minor. Selama 9 tahun mengaspal di Indonesia, Juke cukup menarik perhatian konsumen. Namun seiring berdatangannya rival-rival seperti Honda HR-V, Suzuki S-Cross ataupun Mazda CX-3, membuat porsi Juke di segmen ini mengecil.

Nissan Juke sendiri ditenagai oleh mesin yang sama dengan Nissan Grand Livina. Yakni mesin berkode HR15DE dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 101 PS serta torsi 134 Nm. Harga Juke di pasar mobil bekas pun cukup bervariasi, tergantung tahun perakitannya. Juke bekas tahun 2011 dijual mulai dari Rp109 jutaan, dan keluaran tahun muda seperti 2019 dan 2020 masih dibanderol di atas Rp215 jutaan.

Baca juga: Sebelum Modifikasi, Kenali Dulu Ragam Ukuran PCD Velg Mobil

Adapun Kicks e-Power yang menjadi pengganti Juke merupakan mobil hybrid yang menggunakan teknologi e-Power, yakni menjadikan menjadikan motor listrik sebagai penggerak kendaraan.

Seperti dilansir CNN Indonesia, sistem e-Power mirip cara kerja tipe mobil hybrid dengan range extender. Pada e-Power terdiri dari kombinasi baterai dan sistem gerak yang terintegrasi mesin bensin, generator listrik, inverter, dan motor listrik.


Kembali ke atas